Arsip Ulasan > Ulasan Expert

Learn 25 Nabi Games

Mizan Applications

Desy Yuliastuti

memberikan nilai:

Design

8

Usability

8

Feature

8

Ukuran

-

Versi

1.0

Sistem Operasi

Android

Website

http://www.mizanapps.com/

Temukan Kisah-Kisah 25 Nabi dan Rasul dalam Aplikasi ‘Learn 25 Nabi Games’

Banyak cara yang bisa digunakan orang tua untuk mengenalkan anak dengan 25 Nabi dan Rasul. Mulai dari membacakan cerita, melihat ensiklopedi, atau menonton film animasi Islami. Nah, alternatif lain yang bisa dicoba adalah bermain ‘Learn 25 Nabi Games’ dari Mizan Applications.

‘Learn 25 Nabi Games’ mengajak anak menyelesaikan permainan sambil belajar mengenal 25 Nabi secara bertahap. Nah, saat pertama kali mengakses game ini anak disambut dengan animasi dan suara kucing lucu. Sayangnya, terdapat jeda iklan game lain produksi developer yang letak posisinya rawan terpencet oleh anak dan letak panah untuk mengakses kurang proporsional.

Menariknya, tampilan home screen dibuka dengan teks Bismilahirrahmanirrahim yang bisa membiasakan anak mengucapkannya sebelum memulai sesuatu. Game play yang ditawarkan sebenarnya sederhana. Anak-anak akan diminta untuk menebak jawaban berdasarkan ilustrasi yang diberikan.

Tampilan ‘Learn 25 Nabi Games’ sekilas mirip game tebak kata Hangaroo. Di layar terdapat ilustrasi petunjuk sebagai panduan dan kotak-kotak huruf kosong di bawahnya, serta keyboard untuk mengetik huruf. Misalnya, pada soal dengan ilustrasi kapal maka ada tiga kotak yang bisa diketik dengan jawaban ‘Nuh’. Meskipun sederhana, ilustrasinya menarik dan colourfull sehingga tak membosankan.

Tantangan game ini sebenarnya adalah keterbatasan waktu untuk menjawab soal. Game otomatis berhenti apabila anak terlalu lama menjawab. Namun, jangan khawatir karena ada dua pilihan bantuan. Anak bisa menge-tap ikon lampu di sisi kanan untuk melihat petunjuk berupa kisah Nabi dan Rasul dan tap ikon huruf untuk memunculkan huruf bantu.

Jumlah skor dihitung berdasarkan banyaknya soal yang dijawab. Namun, skor bisa berkurang jika menggunakan pilihan bantuan. Skor dikurangi 50 poin jika menggunakan petunjuk tambahan dan berkurang 25 poin jika memunculkan huruf bantu.

Dari sisi tampilan memang tak membosankan, apalagi ditambah musik dan sound narasi di bagian tertentu. Sayangnya, kadang apabila waktu habis permainan otomatis terhenti, layar tiba-tiba freeze, dan tak ada opsi kembali ke home. Hal ini sedikit mengganggu karena untuk memulai lagi harus membuka game dari awal.

Secara keseluruhan, challenge yang ditawarkan ‘Learn 25 Nabi Games’ terbilang menarik dan membuat anak ingin mencoba dan mencoba lagi. Ilustrai yang ada juga bisa membantu mengasah daya ingat anak terhadap kisah Nabi dan Rasul yang telah diketahui sebelumnya. Game ini bisa menjadi pilihan yang baik saat mengisi waktu luang dan cocok dimainkan anak mulai usia 6 tahun.


Screenshot

Berita Terkait

Bima+ – Aplikasi Belanja Online Dengan Menggunakan Pulsa Sepenuhnya

Siapp.id – Tri sebagai salah satu penyedia layanan seluler Indonesia secara resmi telah meluncurkan aplikasi Bima+ sebagai pendamping...

Selengkapnya

Tahu Bulat 2 Resmi Rilis & Langsung Memuncaki Google Play Store

Siapp.id – Tahu Bulat 2 sedang menjadi tren dikalangan para gamer Android setelah lama ditunggu semenjak pengumumannya. Game...

Selengkapnya

Juragan Lele, Aplikasi Sederhana Yang Sedang Viral Di Kalangan Siswa

Siapp.id – Juragan Lele merupakan aplikasi game Android yang tiba – tiba begitu saja menjadi viral beberapa kalangan...

Selengkapnya

13 Startup Unjuk Gigi di Demo Day Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital telah merampungkan tahap inkubasi perdana di tiga kota, Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta. Sebelum...

Selengkapnya