Berita > Artikel

Smart Psikotes, Cara Efektif Berlatih Soal Psikotes Lewat Smartphone

Oleh Desy Yuliastuti | April 19, 2017

Bagi seseorang yang pernah melamar pekerjaan tentu soal psikotes sudah tidak asing lagi. Untuk diterima di pekerjaan idaman, banyak hal yang dilakukan agar melewati tahap ujian psikotes. Meskipun banyak trik dan tips untuk mengerjakannya, pada kenyataannya soal psikotest memang gampang-gampang susah.

Namun, mengetahui trik saja tidak cukup untuk bisa lulus psikotes. Ada baiknya perlu banyak latihan karena soal semacam itu memiliki bentuk yang hampir sama. Nah, buat yang ingin berlatih bisa menginstal aplikasi Smart Psikotest di smartphone atau tablet Android.

Aplikasi Smart Psikotest berisi ratusan soal psikotes dari berbagai kategori soal. Selain itu, aplikasi ini cukup simpel dan ringan sehingga tidak menyedot banyak kuota. Smart Psikotest punya beberapa fitur, seperti Bebas Pilih Materi, Mode Quick dan Full Mode, Koreksi dan Pembahasan, serta Grafik Penguasaan Materi.

Sebelum memulai latihan dengan Smart Psikotest, pengguna terlebih dahulu mengatur setting untuk mengerjakan soal. Di menu Setting terdapat pengaturan Mode Quick untuk mendapat soal secara acak dan hanya beberapa soal. Sebaliknya, pada Full Mode soal diberikan secara acakmeliputi seluruh kategori soal.

Selanjutnya, ada mode Koreksi Langsung yang berarti tiap soal langsung dikoreksi dan ada pembahasannya. Sementara pada mode Koreksi Tidak Langsung, jawaban pengguna akan dikoreksi di akhir (invisible) dan tidak ada pembahasan. Semuan bisa dipilih sesuai dengan keinginan pengguna.

Pada menu Materi Terpilih, pengguna bisa memilih kategori soal. Ada 10 materi yang bisa dipilih, meliputi Barisan Kata, Verbal, Barisan dan Deret Numerik, Sinonim, dan Berhitung. Selanjutnya, kategori soal Antonim, Spanning, Visual, Memori, dan Perseptual.

Menariknya, hasil tes akan ditampilkan dan mendapatkan evaluasi pengukuran. Pengguna bisa mengetahui jumlah soal benar, salah, durasi menjawab, dan skor. Selain itu, Smart Psikotest menampilkan komposisi kemampuan dalam bentuk grafik, kolom, dan review yang menunjukkan lemah atau kuatnya kemampuan seseorang di bidang tertentu.

Secara keseluruhan, Smart Psikotest dapat membantu bagi kamu yang ingin berlatih soal secara rutin dan ingin mengukur kemampuan diri. Hasil dari aplikasi ini pun bisa menjadi bayangan tolok ukur sebelum menghadapi tes psikotes yang sesungguhnya. Semua kategori soal serta jawaban dan pembahasannya bisa diakses secara gratis dan masih bisa digunakan meskipun tak terkoneksi dengan internet.

Terfavorit

NET.

Name Devoloper

Ulasan Expert

Ulasan Expert

Kolam Komik

Name Devoloper

Ulasan Expert

Mangaindo

Name Devoloper

Ulasan Expert