Berita > Artikel

Siapkan Diri dan Waspadai Bencana Alam dengan Aplikasi “Siaga Bencana”

Oleh Desy Yuliastuti | May 22, 2017

Di balik pesona keindahan alamnya, sebagian besar wilayah di Indonesia sebenarnya merupakan daerah rawan bencana. Letak kepulauan Indonesia sendiri berada pada pertemuan lempeng tektonik bumi aktif yang berpotensi gempa dan tsunami sangat besar. Belum lagi cuaca tak menentu sering kali mengakibatkan banjir dan tanah longsor.

Kesiagaan dan kesiapan tentu diperlukan oleh tiap individu jika sewaktu-waktu menghadapi bencana. Sayangnya, materi penanggulangan bencana memang kurang diajarkan di sekolah. Namun, agar lebih sigap menghadapi situasi darurat, kita bisa belajar mewaspadai dan belajar cara mengantisipasinya melalui aplikasi Siaga Bencana.

Aplikasi Siaga Bencana dibuat oleh Palang Merah Indonesia. Sesuai namanya, aplikasi ini menjadi sarana edukasi sekaligus informasi untuk masyarakat. Di dalamnya terdapat pembelajaran tentang bagaimana mengenali risiko, mengurangi risiko, tindakan pengurangan risiko, dan membuat rencana darurat saat bencana terjadi.

Pada halaman utama, pengguna akan menjumpai 5 kategori utama, yaitu Siagalah, Tsunami, Banjir, Gempa Bumi, dan Badai Topan. Pengguna bisa mengetahui tindakan yang terjadi saat nencana, setelah bencana, dan persiapan apa yang harus dilakukan. Penjelasan materi yang diberikan cukup singkat, tetapi mudah dicerna.

Tak hanya itu, aplikasi Siaga Bencana memiliki fitur-fitur yang bermanfaat. Ada fitur Alert atau pesan peringatan yang dikirim ke ponsel jika sewaktu-waktu terjadi bencana. Notifikasi meliputi bencana tsunami, banjir, gempa, badai topan, dan sebagainya. Selain itu terdapat fitur uji diri, untuk mengetahui sejauh mana kesiapan pengguna saat terjadi bencana.

Siaga Bencana juga memiliki fitur memonitor bencana yang terjadi di sekitar pengguna yang bisa diakses di menu Waspada. Pengguna cukup memasukkan lokasi atau alamat kemudian aktifkan ‘pantau lokasi saat ini’. Dengan begitu, peringatan dini bencana di sekitar akan langsung dikirim ke ponsel.

Menariknya, aplikasi ini memberikan kesempatan pada pengguna untuk mengirim laporan bahaya di sekitar dan berbagi dengan pengguna lain. Misalnya, apabila di sekitar kita terdapat pemadaman listrik, banjir, kerusakan akibat angin, atau kerusakan akibat gempa bumi. Selain itu, pada menu samping terdapat menu Kotak Perkakas yang berisi peralatan darurat yang langsung terhubung dengan smartphone.

Dari sisi tampilan, aplikasi ini tebilang mudah digunakan dan lancar tanpa kendala. Selain itu, melalui aplikasi ini pengguna bisa langsung terhubung dengan PMI. Secara keseluruhan aplikasi ini patut dipertimbangkan untuk diunduh, bahkan saat tidak mengalami bencana sekali pun agar kita selalu waspada, siaga, dan bisa membantu diri sendiri atau orang terdekat saat terjadi bencana.

Terfavorit

Ulasan Expert

Bistip

Name Devoloper

Ulasan Expert

Rumahdewi

Name Devoloper

Ulasan Expert

Ulasan Expert