PeSankita XecureIT Logo

PeSankita Indonesia

XecureIT

Ulasan Expert

PeSankita Indonesia 4 5.00 1

4

( 1 )

Design

8

Usability

9

Feature

9

Ulasan Pengguna

( 0 )

Versi

1.1.0

Sistem Operasi

Android 4.4 dan lebih tinggi

Website

https://pesan.kita.id Embed Aplikasi

Ulasan Aplikasi

Sering Mengirim Pesan Penuh Rahasia? Bisa Coba Aplikasi Buatan Lokal Bernama PeSankita

Oleh Fauzi Rasyad | September 11, 2017

PeSankita merupakan aplikasi pesan instan buatan studio lokal bernama XecureIT yang kehadirannya didorong oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. PeSankita digadang dapat menggantikan aplikasi pesan instan populer saat ini seperti Whatsapp, Line, hingga Google Talk dengan jutaan pengguna aktif setiap harinya.

Salah satu hal yang paling dibanggakan oleh PeSankita terletak pada sistem keamanannya dengan enkripsi tinggkat tinggi bahkan digadang mampu menyaingin Telegram sebagai aplikasi pesan instan yang membuat menjadi pilihan bagi para pengguna yang sangat mementingkan privasi.

Tentu saja karena pensaran seperti apa sih PeSankita, saya langsung mencobanya dan melihat – melihat apa yang ditawarkan aplikasi buatan lokal ini. Untuk bisa menggunakan PeSankita, saya diharuskan menggunakan smartphone dengan kartu SIM di dalamnya sebagai syarat pendaftaran sehingga tidak bisa seperti Line yang punya akun terpisah.

Setelah sukses melakukan verifikasi, kesan pertama yang didapatkan itu tampilannya yang sangat minimalis dan bersih. Apa yang ditampilkan merupakan apa yang kamu butuhkan saja untuk berikirim pesan dengan dua kategori utama, yakni obrolan dan kontak.

Daftar kontak akan langsung terisi secara otomatis kalau ada teman kamu yang sudah menggunakan PeSankita juga. Sayangnya versi yang saya gunakan ini belum bisa mengirimkan undangan ke teman dari dalam aplikasi itu sendiri sehingga harus mengundangnya melalui layanan lain.

Saat mengirimkan pesan ke lawan bicara, akan ada tanda ceklis dua buah sebagai penanda kalau pesan sudah terkirim dan tidak akan terlihat apakah sudah dibaca atau belum buat kamu yang mengkhawatirkan hal ini. Tentu saja semua pesan yang dikirim sudah terenkripsi di antara ke dua pengguna tersebut agar sulit untuk disadap.

PeSankita mempunya berbagai fitur menarik yang bisa digunakan, salah satunya pesan hilang. Fitur ini memungkinkan pesan yang saya kirim untuk otomatis terhapus setelah beberapa waktu yang sudah ditentukan mulai dari 5 detik, 10 detik, 1 menit, 1 jam, bahkan hingga 1 minggu. Nantinya dalam pesan tersebut akan muncul indikator jam pasir saat pesan mulai dibaca oleh kedua belah pihak.

Untuk lebih menjaga keamanan, saya juga tidak bisa mengambil gambar layar atau screenshot untuk menyimpan percakapan. Walaupun begitu saya tetap bisa mematikan fitur ini melalui pengaturan dan mengambil screenshot dari percakapan lawan sehingga membuat fitur satu ini cukup dipertanyakan fungsinya.

Selain itu saya juga bisa memberikan sandi agar aplikasi PeSankita tidak bisa dibuka oleh siapa saja dan menjadi terkunci. Bagaimana aplikasi terkunci tentunya bisa diatur baik itu setelah beberapa waktu tidak digunakan maupun menguncinya secara manual.

Disamping fitur keamanannya, aplikasi ini juga memungkinkan saya untuk mengirim segala jenis bentuk file seperti video atau foto tanpa adanya proses kompresi agar kualitas tetap terjaga. Jadi tidak perlu khawatir foto yang dikirim hasilnya akan menjadi lebih buruk dari seharusnya.

Selain oborolan pribadi, saya juga bisa membuat grup dengan anggota lebih dari 256 orang. Fitur grup terbilang tidak berbeda dari yang lain, namun dikatakan memiliki tingkatan anggota berbeda – beda seperti pemilik, admin, dan anggota. Sayangnya saya belum bisa menjajalnya karena teman yang menggunakan PeSankita masih sedikit.

Setiap obrolan maupun grup memiliki pengaturannya terpisah contohnya bisa mengheningkan pemberitahuan. Untuk pengaturan umum, tidak banyak yang bisa diubah dan terbilang standar. Saya bisa mengtur pemberitahuan mulai dari warna LED, pola LED, atau jenis dering. Selain itu ada pengaturan layar, bahasa, privasi, dan media.

Namun untungnya, ada fitur mencabut registrasi nomor SIM yang digunakan sebagai pendaftaran. Jadi buat kamu yang mungkin sering kali gonta ganti nomor tidak akan kesulitan untuk migrasi layaknya menggunakan Whatsapp yang cukup merepotkan saat ganti nomor.

Secara keseluruhan aplikasi PeSankita cukup bagus dan memang punya fitur – fitur yang cocok digunakan bagi kamu yang mementingkan masalah privasi. Walaupun begitu PeSankita masih dapat ditingkatkan lagi melalui tambahan fitur baru atau lainnya dan memperbaiki beberapa hal yang masih belum bisa berjalan dengan baik.

Screenshot

Terfavorit

Right Up

Name Devoloper

Ulasan Expert

Juragan Terminal

Name Devoloper

Ulasan Expert

Teman Kanker

Name Devoloper

Ulasan Expert