× Kopi dan paste kodingan di bawah ini untuk mengembed informasi aplikasinya:
DarahKita.id pasambas Logo

DarahKita.ID - Blood for Humanity

PA sambas

Ulasan Expert

DarahKita.ID - Blood for Humanity 3 5.00 1

3

( 1 )

Design

6

Usability

6

Feature

6

Ulasan Pengguna

( 0 )

Versi

1.0

Sistem Operasi

Android 4.0 dan lebih tinggi

Website

http://darah.id Embed Aplikasi

Ulasan Aplikasi

DarahKita – Tempatnya Pendonor Darah Kumpul dan Membantu Yang Membutuhkan

Oleh Fauzi Rasyad | November 20, 2017

DarahKita.id merupakan sebuah organisasi yang mewadahi para pendonor aktif dan mereka yang membutuhkan darah di seluruh Indonesia sehingga dapat terhubung secara lebih cepat. Maka dari itu muncul lah versi aplikasinya agar para anggotanya lebih mudah lagi untuk saling terhubung.

Pertama kali menjalankan aplikasi DarahKita.id untuk Android ini, kamu akan disuguhkan beberapa pilihan menu. Pertama ada menu Berita yang berisikan infromasi menarik seputar darah dan donor darah. Setiap kali artikel telah dibaca, maka judul akan berubah menjadi lebih gelap agar bisa membedakannya dengan yang belum dibaca.

Selanjutnya ada menu Foto Kegiatan sebagai bukti saat telah melakukan kegiatan sosialisasi dan pendonoran.  Tampilan dari menu Foto Kegiatan ini terbilang cukup kuno dan penampilan folder tidak cukup rapi untuk tahun 2017. Walaupun begitu menu ini masih berfungsi sebagaimana harusnya.

Nah menu yang paling penting tentunya adalah Pendonor Aktif dan Membutuhkan Darah untuk menghubungkan antara keduanya. Pada Pendonor Aktif ini kamu bisa melihat golongan darah, tanggal donor selanjutnya, dan kontak HP dari pendonor.

Buat kamu yang sedang ingin membantu bisa langsung melihat menu Membutuhkan Darah. Data yang ditampilkan cukup banyak mulai dari informasi penting, catatan, tanggal masuk, dan darah yang dibutuhkan. Data juga terbagi menjadi dua, yakni sudah terverifikasi dan belum terverifikasi.

Kamu juga bisa langsung bagikan atau share informasi ini melalui media sosial seperti WhatsApp, Twitter, dan Facebook. Jadinya kamu bisa menyebarkannya ke grup maupun pendonor darah lainnya yang bukan menjadi anggota DarahKita.

Sayangnya dua menu ini sangat lambat sekali untuk menampilkan konten dan terkadang malah tidak muncul sama sekali. Hal ini tentunya sangat menjengkelkan karena dua menu ini merupakan salah satu fungsi utama dari aplikasi DarahKita.

Permasalahan soal konten lambat untuk load juga muncul hampir di semua menu terutama saat baru pertama kali menjalankan aplikasi. Ditambah lagi setiap kali kamu berpindah ke menu yang lain, konten harus load ulang sehingga membuat proses menjadi lebih lambat dari seharusnya.

Untungnya beberapa halaman tidak lah terlalu buruk, seperti pada menu Saya Butuh Darah muncul cepat. Menu ini berfungsi kalau kamu maupun orang terdekat sedang membutuhkan donor darah. Ada beberapa informasi yang harus diisi, yakni nama lengkap, lokasi rumah sakit, golongan darah, jumlah darah dibutuhkan, dan kontak.

Kalau kamu ingin ikut menjadi pendonor aktif, menunya terbilang lebih tersembunyi dibandingkan lainnya karena tidak ada di menu utama. Untuk bisa bergabung kamu harus mengunjungi menu Sistem Informasi Darah Kita dan menekan daerah hijau. Nantinya akan muncul beberapa menu baru lagi, yakni Login dan daftar menjadi pendonor atau membutuhkan.

Untuk bisa menjadi pendonor, kamu diharuskan mengisi cukup banyak mulai dari No. KTP, golongan darah, kontak, dan lainnya. Setelah itu kamu tinggal mengunjungi menu yang sama untuk melakukan login.

Selain menu tersembunyi ini, halaman Sistem Informasi DarahKita menampilkan berbagai informasi berguna seperti  melihat statistik pendonor yang ada dari setiap golongan darah, pembagian jenis kelamin, maupun pembagian berdasarkan pekerjaan.

Menariknya halaman ini juga menampilkan informasi data pendonor aktif dan yang membutuhkan donor darah sehingga terasa mubazir pilihan yang ada di menu utama. Di tambah lagi proses load konten juga lebih cepat dan stabil dibandingkan melalui menu utama.

Akhir kata, aplikasi DarahKita versi 1.0 masih punya banyak sekali hal yang harus diperbaiki untuk bisa digunakan dengan nyaman khususnya masalah pemuatan konten dan tampilan yang lebih enak untuk dilihat. Untuk saat ini setidaknya DarahKita memang bisa menjadi penghubung antara pendonor dan yang membutuhkan darah.

Screenshot

Terfavorit

Ulasan Expert

Babel gun

Name Devoloper

Ulasan Expert

Teman Bumil

Name Devoloper

Ulasan Expert

Ponta Indonesia

Name Devoloper

Ulasan Expert