× Kopi dan paste kodingan di bawah ini untuk mengembed informasi aplikasinya:

LAPOR!

UKP-PPP

Ulasan Expert

LAPOR! 4 5.00 1

4

( 1 )

Design

7

Usability

9

Feature

7

Ulasan Pengguna

( 0 )

Versi

2.5.2.1

Sistem Operasi

Android 2.1 dan lebih tinggi

Website

http://www.ukp.go.id Embed Aplikasi

Ulasan Aplikasi

Punya Keluhan Tentang Instansi Pemerintahan Atau Lainnya? Langsung Aja Gunakan LAPOR!

Oleh Fauzi Rasyad | September 5, 2017

LAPOR! atau Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat merupakan aplikasi pengaduan berbasis media sosial. Setiap laporan yang ada dapat dipantau oleh masyarakat secara terbuka untuk mendorong interaksi antara masyarakat dan pemerintahan.

Laporan – laporan yang ada ini nantinya akan diteruskan ke 67 instansi pemerintahan sesuai dengan jenis laporannya. LAPOR! dibuat dengan tujuan untuk memberikan saran aspirasi secara terpadu untuk seluruh instansi nasional. Tentunya saya harus mencoba aplikas resmi yang berguna untuk semua kalangan ini.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini kamu diharuskan untuk membuat akun terlebih dahulu atau bisa menghubungkan akun sosial media Facebook dan Twitter. Sayangnya saat saya coba mendaftar dengan Facebook selalu gagal dengan pemberitahuan username/password gagal padahal sempat meminta izin untuk melihat profil.

Akhirnya saya membuat akun secara manual dengan menggunakan email yang ada dan untungnya berhasil. Setelah saya membaca komentar di Google Play Store ternyata banyak yang mengalami hal serupa jadi sepertinya memang ada sedikit masalah di aplikasi ini.

Pada halaman utama kamu akan langsung melihat laporan – laporan terbaru dari pengguna lainnya. Nah kalau ingin membuat laporan kamu bisa menekan menu Buat Laporan Baru yang ada di bawah dan menuliskan keluh kesah serta memberikan foto maupun dokumen sebagai bukti. Jika kamu tidak ingin diketahui, kamu bisa memilih opsi anonim untuk menyembunyikan profil di laporan tersebut.

Laporan yang sudah kamu buat tidak akan muncul begitu saja karena akan melewati verifikasi dan pengesahan terlebih dahulu oleh admin. Jika diterima maka kamu bisa melihat semua laporan pribadi yang telah dibuat melalui menu Laporan Saya. Jadi tidak perlu mencari sendiri laporan kamu dari timbunan laporan lain.

Selain itu ada menu Terhangat untuk melihat laporan apa yang sedang menjadi perhatian pengguna lainnya dan Topik Laporan kalau kamu ingin melihat laporan berdasarkan topik tertentu. Fitur pencarian juga bisa digunakan untuk mencari laporan secara lebih spesifik misalnya ingin mengetahui soal pemadaman listrik yang terjadi.

Setiap laporan yang ada bisa diberikan komentar maupun dukungan untuk agar lebih menarik perhatian. Nantinya akan ada indikator Tindak Lanjut mengenai apa saja yang sudah diliakukan oleh dinas terkait sehingga bisa diawasi perkembangannya.

Ada beberapa hal yang masih bisa dapat diperbaiki seperti desainnya yang kurang nyaman bahkan sedikit terkesan berantakan dan kuno. Aplikasi ini juga terbilang cukup lambat dan kurang responsif saat melakukan navigasi dari halaman ke halaman.

Walaupun memiliki kekurangan tersebut, aplikasi LAPOR! sudah berjalan dengan baik dan sesuai tujuannya. Jadi kalau kamu memiliki keresahan dan ingin dinas terkait menindak lanjuti masalah tersebut, langsung saja lapor melalui aplikasi ini.

Screenshot

Terfavorit

Ulasan Expert

Babel gun

Name Devoloper

Ulasan Expert

Teman Bumil

Name Devoloper

Ulasan Expert

Ponta Indonesia

Name Devoloper

Ulasan Expert