CERI : Pak Lebai Malang

Qajoo

Ulasan Expert

CERI : Pak Lebai Malang 4 5.00 1

4

( 1 )

Design

8

Usability

8

Feature

8

Ulasan Pengguna

( 0 )

Versi

1.5

Sistem Operasi

Android 2.3 dan lebih tinggi

Website

http://qajoo.com Embed Aplikasi

Ulasan Aplikasi

Pak Lebai Malang, Cerita Rakyat Interaktif dalam Bentuk Digital

Oleh Desy Yuliastuti | March 20, 2017

Indonesia memiliki kekayaan budaya yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Banyak nilai kearifan dan budaya lokal yang diwariskan oleh leluhur. Termasuk di dalamnya tradisi tulis dan tradisi lisan yang melahirkan cerita rakyat.

Salah satu cerita rakyat yang populer, kisah Pak Lebai Malang, kini hadir dalam bentuk buku digital dari interaktif dari Qajoo Studio. Cerita rakyat asal Sumatera Barat ini mengisahkan tentang seorang pria bernama Pak Lebai yang sangat cemas jika tidak mendapat hadiah terbaik dan makanan terenak dari undangan pesta yang ia dapatkan.

Buku digital Pak Lebai Malang dibuat menarik dengan cerita ilustrasi yang didukung gambar-gambar indah. Dari sisi tampilan, desainnya menarik dan penuh warna dengan latar belakang kebudayaan Sumatera Barat. Selain itu, karakter Pak Lebai dibuat menarik dan lucu sehingga anak-anak akan betah membaca kisah Pak Lebai Malang sampai akhir.

Saat memulai aplikasi, anak-anak bisa memasukkan foto dan tanggal lahir sebagai identitas buku. Di samping itu, aplikasi buatan developer asal Jogja ini punya fitur-fitur yang memanjakan anak-anak. Selagi membaca cerita, anak-anak akan menemukan aktivitas-aktivitas baru yang menantang dan interaktif selama perjalanan melintasi sungai bersama Pak Lebai.

Beberapa fitur yang ada di antaranya narasi berima, ilustrasi yang indah, dan musik latar belakang tradisional yang menghibur. Narasinya pun tak terlalu panjang sehingga anak nyaman membacanya. Terdapat pesan moral yang dihadirkan di akhir cerita. Anak-anak diminta menunjukkan empati pada Pak Lebai dengan menghapus air matanya.

Cerita Pak Lebai Malang sebenarnya mengandung pesan supaya anak-anak tidak memiliki sifat terburu-buru memutuskan sesuatu dan harus bersabar agar tak seperti Pak Lebai. Terlebih lagi, melalui buku ini, orang tua dapat mengajarkan pada anak mereka untuk bersikap lebih tegas serta mengingatkan anak-anak mereka bahwa sikap rakus akan menimbulkan kecemasan yang pada akhirnya tidak dapat menyelesaikan masalah apa pun.

Cerita Pak Lebai Malang ini sendiri terdiri dari 11 halaman. Dengan kegiatan membaca bersama orang tua, anak-anak bisa mendapatkan hal positif yang disampaikan dan menambah erat hubungan anak dengan orang tua. Aplikasi ini bisa diunduh di smartphone berbasis Android dan iOS dengan in-app purchase seharga Rp29.000 untuk menikmati cerita secara utuh.

Screenshot

Terfavorit

Right Up

Name Devoloper

Ulasan Expert

Juragan Terminal

Name Devoloper

Ulasan Expert

Teman Kanker

Name Devoloper

Ulasan Expert