Marbel Panduan Puasa Ramadhan

Educa Studio

Ulasan Expert

Marbel Panduan Puasa Ramadhan 4 5.00 1

4

( 1 )

Design

8

Usability

9

Feature

8

Ulasan Pengguna

( 0 )

Versi

Sistem Operasi

Android

Website

Ulasan Aplikasi

Melatih Anak Berpuasa Sejak Dini Melalui Aplikasi ‘Marbel Panduan Puasa Ramadhan’

Oleh Desy Yuliastuti | May 16, 2017

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang dinanti seluruh umat Islam di dunia. Tak hanya bagi orang dewasa saja, tetapi anak-anak pun antusias menyambutnya. Biasanya anak-anak akan bersemangat puasa setengah hari dan membantu menyiapkan menu berbuka. Meskipun tak diwajibkan berpuasa, tetapi orang tua tetap harus melatih dan membiasakan anak menjalani ibadah Ramadhan.

Selain melibatkan anak dalam setiap aktivitas, ibadah Ramadhan juga bisa dipelajari melalui aplikasi ‘Marbel Panduan Puasa Ramadhan’. Dengan cara menyenangkan, orang tua bisa menjelaskan seputar ibadah Ramadhan dan keutamannya. Dengan begitu, anak akan merasa menjalani ibadah tanpa paksaan karena masih dalam tahap belajar.

‘Marbel Panduan Puasa Ramadhan’ ditujukan untuk anak-anak agar memahami apa makna puasa dan keutamaan bulan Ramadhan. Tak hanya itu, anak juga bisa mengetahui rukun puasa dan amalan apa saja yang bisa dilakukan selama Ramadhan.

Aplikasi yang bisa diunduh di Google Play ini terbilang simpel, tetapi menarik untuk anak-anak. Saat pertama kali membukanya, pengguna akan disambut suara khas beduk Maghrib. Kemudian tampilan menu utamanya dibuat menyerupai latar belakang pedesaan dengan bangunan rumah, masjid, taman, lengkap dengan petunjuk menu.

Ada empat menu belajar yang disuguhkan, yaitu Pengertian Puasa, Keutamaan Bulan Ramadhan, Amalan Puasa, dan Rukun Puasa. Materi yang disajikan cukup singkat dan langsung ke intinya sehingga anak bisa cepat belajar. Untuk mengakses materi, pengguna cukup menggeser panah ke kanan dan kiri saja.

Menariknya, dalam aplikasi ini juga ada doa-doa Ramadhan yang bisa dipraktikkan, seperti doa niat puasa, doa berbuka puasa, dan sebagainya. Tiap materi dilengkapi dengan sound narasi sehingga anak bisa langsung belajar mengucapkan doa dengan benar. Adapun contoh-contoh amalan yang dilakukan saat Ramadhan, seperti makan sahur, membaca Alquran, dan bersedekah.

Tak ada kendala berarti saat aplikasi ini berjalan dan letak iklannya pun tak terlalu mengganggu. Secara keseluruhan, ‘Marbel Panduan Puasa Ramadhan’ bisa membantu anak-anak usia 2-8 tahun untuk memahami ibadah Ramadhan sejak dini. Sambil belajar, orang tua pun bisa memberi motivasi dan menyampaikan penjelasan menggunakan bahasa yang mudah dipahami anak-anak.

Screenshot

Terfavorit

Agent Dodge

Name Devoloper

Ulasan Expert

Om Telolet Om The Game

Name Devoloper

Ulasan Expert

Ramen Chain

Name Devoloper

Ulasan Expert

Ulasan Expert