Arsip Ulasan > Ulasan Expert

Marbel Belajar Jam & Waktu

Educa Studio

Desy Yuliastuti

memberikan nilai:

Design

9

Usability

9

Feature

8

Ukuran

-

Versi

-

Sistem Operasi

Android

Website

https://www.educastudio.com/

Marbel Belajar Jam & Waktu, Bantu Anak Mengenal Konsep Waktu Sejak Dini

Seiring bertambahnya usia, aktivitas anak menjadi semakin padat terlebih saat memasuki masa sekolah. Orangtua pun perlu mengajarkan disiplin terhadap rutinitas dan membiasakan anak membagi waktu dengan cermat. Langkah ini bisa dimulai dengan mengenalkan konsep waktu dengan belajar membaca jam, menit, dan detik.


Cara paling mudah mengajarkan waktu pada anak adalah dengan belajar sambil bermain. Salah satu caranya adalah dengan mengunduh aplikasi ‘Marbel Belajar Jam & Waktu’ di smartphone atau tablet Android. Aplikasi pendidikan dari Educa Studio ini berisi cara membaca jam dan waktu, serta mengenalkan bentuk jam secara bertahap.

Aplikasi ‘Marbel Belajar Jam & Waktu’ memiliki mode belajar dan bermain yang bisa membantu mengasah kreativitas anak. Saat pertama kali menggunakannya, anak-anak akan tertarik dengan animasi dan gambar bernuansa peternakan, serta musik menyenangkan. Ada pula jam dinding yang bisa diganti-ganti sesuai selera untuk menemani anak selama belajar.

Selanjutnya, masuk ke mode belajar dengan pilihan belajar sendiri atau secara otomatis. Ada empat menu dengan materi berbeda, yaitu Jam Analog, Jam Digital, Mengenal Waktu, dan Otomatis. Semua bagian dibuat menarik dan mudah, seperti pada menu jam analog terdapat gambar jam di kiri dan pengaturan menit di kanan yang bisa diganti-ganti.

Berbeda dengan Jam Analog, pada menu Otomatis terdapat dua pilihan, yakni belajar jam per 5 menit dan per 1 jam. Dengan memilih salah satunya, jam otomatis berjalan dan narasi akan menjelaskan tiap jam dan menitnya. Cara otomatis tentunya lebih mudah, khususnya bagi anak yang belum lancar membaca atau menghafal angka.

Setelah selesai belajar, anak-anak bisa mengasah kemampuan sambil bermain. Ada empat pilihan permainan menarik, yaitu Atur Jam, Tebak Jam, Reparasi Jam, dan Jam Digital. Sebelum bermain, anak akan diberi petunjuk permainan terlebih dahulu. Permainan yang ditawarkan sebenarnya sederhana, mirip dengan puzzle menyocokkan bentuk dan memilih gambar yang tepat.

Menariknya, apabila anak berhasil menyelesaikan tantangan dengan nilai sempurna akan mendapat hadiah berupa hewan-hewan lucu atau perkakas peternakan. Jadi, semakin banyak bermain maka semakin lengkap peternakannya. Namun, satu hal yang mengganggu adalah ada beberapa menu belajar dan permainan yang diberikan akses terbatas.

Secara keseluruhan, ‘Marbel Belajar Jam & Waktu’ bisa menjadi cara menyenangkan bagi anak untuk belajar. Iklan yang ditampilkan pun terasa tak terlalu menggangu, tetapi jika ingin mendapat akses penuh dan update bisa membayar Rp23.000. Aplikasi ini tentu lebih bermanfaat apabila ditemani orang tua dan bisa mengaitkan pelajaran dengan aktivitas anak sehari-hari. Misalnya, pembahasan kapan waktu bangun pagi, mandi, berangkat sekolah, dan sebagainya.

 


Screenshot

Berita Terkait

Bima+ – Aplikasi Belanja Online Dengan Menggunakan Pulsa Sepenuhnya

Siapp.id – Tri sebagai salah satu penyedia layanan seluler Indonesia secara resmi telah meluncurkan aplikasi Bima+ sebagai pendamping...

Selengkapnya

Tahu Bulat 2 Resmi Rilis & Langsung Memuncaki Google Play Store

Siapp.id – Tahu Bulat 2 sedang menjadi tren dikalangan para gamer Android setelah lama ditunggu semenjak pengumumannya. Game...

Selengkapnya

Juragan Lele, Aplikasi Sederhana Yang Sedang Viral Di Kalangan Siswa

Siapp.id – Juragan Lele merupakan aplikasi game Android yang tiba – tiba begitu saja menjadi viral beberapa kalangan...

Selengkapnya

13 Startup Unjuk Gigi di Demo Day Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital telah merampungkan tahap inkubasi perdana di tiga kota, Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta. Sebelum...

Selengkapnya