Berita > Artikel

Malas Antre Bayar Pajak Kendaraan? Gunakan Saja Aplikasi Sakpole

Oleh Desy Yuliastuti | July 18, 2017

Hal paling menjemukan ketika harus membayar pajak kendaraan bermotor tak selalu persoalan dana, tapi malas melihat antrean panjang di kantor SAMSAT. Kadang pekerjaan dan aktivitas lain menjadi tertunda karena waktu habis untuk antre. Belum lagi jika sedang berada di luar kota, urusan membayar pajak bisa saja tertunda.

Sekarang urusan membayar pajak kendaraan bermotor bisa lebih praktis berkat aplikasi E-SAMSAT Sakpole (Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online). Aplikasi Sakpole bisa diunduh di Google Play Store dan digunakan bagi warga Jawa Tengah dan sekitarnya. Selain memangkas antrean panjang, aplikasi ini bisa bermanfaat bagi warga yang berada di luar kota.

Cara menggunakan Sakpole untuk membayar pajak tak terlalu rumit. Langkah pertama, setelah mengunduh Sakpole di smartphone Android, pengguna bisa langsung ke menu Pendaftaran online. Selanjutnya, isi data sesuai e-KTP (NIK), nomor polisi kendaraan sesuai STNK, dan 5 (lima) digit terakhir Nomor Rangka Kendaraan.

Sistem Sakpole akan melakukan verifikasi data kendaraan bermotor. Jika data sudah benar, klik Lanjut. Sebaliknya, apabila data tidak benar, klik Batal dan pengguna harus melakukan koreksi data dahulu ke SAMSAT tempat kendaraan terdaftar. Selanjutnya, akan muncul informasi rincian pokok dan denda ketetapan pajak serta informasi lainnya.

Lakukan semua petunjuk mulai dari awal hingga mendapat Kode Bayar dan catat kodenya. Kemudian klik Bayar jika ingin melanjutkan proses pembayaran. Kode Bayar tersebut bisa kita gunakan untuk melakukan pembayaran melalui e-banking, mobile banking, dan internet banking. Bukti bayar berlaku selama 14 hari dan wajib pajak bisa melakukan konfirmasi ke kantor Samsat atau Samsat Keliling tanpa antre.

Dari sisi tampilan antarmuka, aplikasi Sakpole mudah digunakan dan tampilannya menarik dengan dominasi warna kuning cerah. Ada beberapa menu lainnya di home screen yang bisa digunakan untuk mendapat Bukti Bayar Sementara, Info Kode Bayar, Info PKB, dan lokasi SAMSAT terdekat. Jika masih bingun menggunakan Sakpole, pengguna bisa membaca instruksi di menu Panduan.

Secara keseluruhan, Sakpole patut diapresiasi dan bisa bermanfaat untuk mempercepat proses pelayanan publik, khususnya pembayaran pajak kendaraan. Selain itu, wajib pajak bisa terhindar dari denda keterlambatan dan apabila dedang di luar kota pun bisa tetap membayar lewat aplikasi Sakpole. Semoga aplikasi seperti ini juga segera hadir di kota lainnya.

Terfavorit

NET.

Name Devoloper

Ulasan Expert

Ulasan Expert

Kolam Komik

Name Devoloper

Ulasan Expert

Mangaindo

Name Devoloper

Ulasan Expert