× Kopi dan paste kodingan di bawah ini untuk mengembed informasi aplikasinya:
Magma Indonesia PVMBG Logo

MAGMA Indonesia

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi

Ulasan Expert

MAGMA Indonesia 5 5.00 1

5

( 1 )

Design

10

Usability

9

Feature

7

Ulasan Pengguna

( 0 )

Versi

1.2.0

Sistem Operasi

Android 4.1 dan lebih tinggi

Website

https://magma.vsi.esdm.go.id/ Embed Aplikasi

Ulasan Aplikasi

Magma Indonesia Bisa Membantu Kamu Selalu Waspada Akan Gempa dan Bencana Geologi Lainnya

Oleh Fauzi Rasyad | September 19, 2017

Magma Indonesia merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Tim Developer di Pusa Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementerian ESDM. Aplikasi Magma dihadirkan sebagai salah satu terobosan dalam rangka upaya melakukan mitigasi becana geologi.

Melalui Magma ini kamu bisa mengetahui berbagai informasi aktivitas geologi untuk waspada terhadap bencana yang mungkin terjadi. Dengan memanfaat peta laporan aktivitas gunung berapi yang disediakan dalam aplikasi Magma, kamu bisa meliat semua kondisi aktivitas gunung berapi di seluruh Indonesia khususnya di sekitar wilayah kamu berada saat ini.

Kamu tinggal memilih gunung mana yang ingin diketahui dan aplikasi akan langsung menampilkan laporan terbaru dari gunung tersebut saat ini. Kamu bisa mengetahui iklim sekitar, kondisi angina, ketinggian, hingga riwayat kegempaan selama tiga bulan terakhir. Tampilan peta juga bisa diubah menjadi citra satelit.

Dari menu awal kamu akan langsung diberikan daftar setiap gunung di Indonesia yang beruruta sesuai abjad. Pada menu ini kamu bisa secara singkat mengetahui kondisi aktivitas gunung beserta himbauan terhadap maysyarakat. Kamu juga bisa menggunakan menu disamping untuk melihat daftar gunung sesuai dengan tingkat aktivitasnya.

Menu lainnya merupakan menu invormasi aviasi atau penerbangan. Melalui menu ini kamu dapat melihat kode penerbagan pesawat di suatu daerah dan mengetahui apakah sedang berbahaya atau tidak akibat dari aktivitas vukanik. Informasi yang ditampilkan meliputi sumber aktivitas, penyebabnya, area yang terdampakm hingga informasi mengenai debu awan.

Selanjutnya ada informasi tanggapan gempa bumi dan tsunami. Sedikit berbeda dari menu lainnya, kamu bisa langsung memberikan laporan jika merasakan suatu gempa. Di samping itu kamu bisa mengetahui informasi yang cukup lengkap akan gempa yang baru terjadi di seluruh Indonesia mulai dari waktu kejadian, kedalaman gempa, posisi titik gempa, intensitas dalam skala MMI, maupun gunung berapi terdekat.

Aplikasi Magma ini juga memuat informasi mengenai gerakan tanah baik itu masih dalam tahap berpotensi hingga yang sudah berbahaya. Dalam menu ini kamu bisa mengetahui lokasi kejadian, melihat foto lokasi, dampak gerakan Tanah, faktor penyembab, dan rekomendasi apa yang bisa dilakukan oleh masyarakat sekitar untuk menanggulanginya.

Nah menu terakhir berisikan laporan – laporan terbaru mengenai aktivitas yang terjadi saat ini. Laporan tersebut disajikan dalam bentuk berita sehingga akan lebih mudah membacanya bagi para pengguna umum. Aplikasi Magma nantinya akan memberikan notifikasi langsung ke smartphone setiap ada laporan baru.

Secara keseluruhan aplikasi Magma sangat lah berguna bagi siapa saja khusunya bagi kamu yang tinggal disekitar pegunungan atau rawan terjadinya aktivitas geologi. Cukup dengan melalui aplikasi ini, kamu mendapatkan informasi yang selalu up to date agar bisa selalu awas dan mengikuti himbauan yang diberikan agar tetap aman.

Screenshot

Terfavorit

Ulasan Expert

Babel gun

Name Devoloper

Ulasan Expert

Teman Bumil

Name Devoloper

Ulasan Expert

Ponta Indonesia

Name Devoloper

Ulasan Expert