× Kopi dan paste kodingan di bawah ini untuk mengembed informasi aplikasinya:

Buku Sekolah Digital

PT Mahoni Global

Ulasan Expert

Buku Sekolah Digital 4 5.00 1

4

( 1 )

Design

8

Usability

9

Feature

8

Ulasan Pengguna

( 0 )

Versi

Sistem Operasi

Android

Website

Embed Aplikasi

Ulasan Aplikasi

Download Gratis Buku Pelajaran SD Sampai SMA Lewat Aplikasi BSD

Oleh Desy Yuliastuti | July 24, 2017

Mungkin kita sudah tak asing lagi mendengar istilah ebook atau buku digital. Namun, masih banyak masyarakat yang belum mengetahuinya, terutama di daerah yang belum terjangkau koneksi internet. Meskipun begitu, buku digital saat ini sudah mulai bisa diakses dan penerbit yang mengonversi buku terbitannya agar bisa diunduh dengan harga lebih terjangkau.

Di dunia pendidikan, Buku Sekolah Digital (BSD) menjadi bagian dari program Kementerian Pendidikan Nasional untuk pemerataan pendidikan. Pemerintah sendiri telah menyediakan lebih dari 2000 BSD berstandar nasional untuk siswa SD, SMP, SMA, dan SMK via aplikasi BSD (Buku Sekolah Digital). Dengan begitu, buku paket yang menggu nakan kertas bisa diakses lewat internet,

Aplikasi BSD memiliki lebih dari 2000 koleksi buku yang bisa diakses secara gratis melalui tablet dan smartphone. Terdapat 841 judul buku pelajaran Kurikulum 2013 dan 1292 judul buku pelajaran KTSP 2006. Masing-masing diletakkan dalam satu folder menu sesuai dengan tingkat pendidikannya.

Tak hanya buku-buku pelajaran sekolah saja, aplikasi BSD punyak koleksi buku pengetahuan umum, seperti buku Antikorupsi dari KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) dan buku edukasi keuangan dari Bank Indonesia. Ada pula Kamus Bahasa Indonesia, Kamus Indonesia-Inggris, dan Kamus Inggris-Indonesia untuk memudahkan saat belajar bahasa.

Dari sisi tampilan antarmuka, aplikasi BSD terbilang cukup simpel. Saat membukanya, pengguna akan menemui dua tab utama di homescreen. Di sisi kiri dengan ikon rak buku akan menampilkan buku yang diunduh, sementara di sisi kanan berisi buku-buku pelajaran dalam folder sesuai kurikulum. Di dalam folder kurikulum ada lagi folder turunan berisi buku-buku yang sesuai dengan jenjang pendidikan dan kelas.

Pencarian buku bisa dilakukan secara manual atau lewat fitur search di atas tab. Aplikasi BSD langsung menampilkan cover buku dan pengguna cukup menge-tap untuk mengunduh. Hasil unduhan akan muncul di perpustakaan, klik judul untuk membaca, dan swipe layar ke kanan kiri untuk membaca seperti membuka halaman buku cetak biasa.

Menariknya, meskipun untuk mengunduh diperlukan koneksi internet, tetapi buku bisa dibaca ulang saat offline. Ukuran file aplikasi yang sebesar 28,74 MB pun dirasa tak terlalu besar. Namun, hasil unduhan pastinya akan memakan kapasitas penyimpanan tambahan.

Secara keseluruhan, aplikasi BSD bisa mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah. Selain itu, buku yang tersedia pun terbilang lengkap sesuai kebutuhan pendidikan. Namun, semoga saja ke depannya judul buku bisa bertambah banyak. Aplikasi BSD bisa diunduh gratis melalui Google Play Store, Apple App Store, dan Windows Store.

Screenshot

Terfavorit

Ulasan Expert

Babel gun

Name Devoloper

Ulasan Expert

Teman Bumil

Name Devoloper

Ulasan Expert

Ponta Indonesia

Name Devoloper

Ulasan Expert