× Kopi dan paste kodingan di bawah ini untuk mengembed informasi aplikasinya:

Dog Math

Gajah Games

Ulasan Expert

Dog Math 3 5.00 1

3

( 1 )

Design

7

Usability

8

Feature

8

Ulasan Pengguna

( 0 )

Versi

1.12

Sistem Operasi

Android 2.3 dan lebih tinggi

Website

Embed Aplikasi

Ulasan Aplikasi

Dog Math, Aplikasi untuk Membantu Belajar Matematika di Ponsel Android

Oleh Desy Yuliastuti | March 22, 2017

Ada banyak permainan dan aplikasi edukatif yang bisa membantu anak untuk belajar matematika. Namun, hal pertama sebelum belajar adalah menanamkan pengertian bahwa belajar matematika tak sesulit yang dikira. Dengan begitu, anak-anak akan lebih percaya diri untuk menyelesaikan soal.

Dog Math merupakan aplikasi dari Gajah Games yang dapat menjadi salah satu alternatif cara berlatih matematika. Aplikasi Dog Math ini bisa dipasang di smartphone atau tablet berbasis Android. Ukuran file-nya pun hanya 10,32 MB sehingga tak menghabiskan ruang penyimpanan.

Sesuai namanya, Dog Math punya maskot anjing lucu yang sedang berpikir untuk menambah semangat. Dengan Dog Math, anak-anak akan terbantu untuk belajar operasi hitungan penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Secara keseluruhan ada 30 kolom soal yang punya warna-warni khusus yang bikin tampilannya makin menarik.

Sebelum mulai berlatih, anak bisa melihat dahulu kolom soal mana yang akan dipilih sesuai dengan petunjuk lambang operasional dan digit angka. Nah, setiap membuka soal akan muncul soal matematika dengan latar kotak-kotak putih dan maskot Dog Math. Di bawah soal terdapat digit angka, tanda koma, dan opsi clear untuk mengerjakan soal.

Menariknya, Dog Math memiliki variasi jenis pertanyaan dengan jumlah digit angka yang berbeda-beda. Jadi, anak bisa memilih soal sesuai kemampuannya. Namun, bisa juga mengerjakan soal bertahap dimulai dari kolom pertama dengan digit lebih sedikit hingga kolom terakhir dengan tingkat kesulitan paling tinggi.

Rata-rata aplikasi Dog Math memberikan 20 pertanyaan untuk setiap kolom operasi penjumlahan. Untuk membantu anak, aplikasi ini menyediakan fitur bantuan (help) untuk prosedur penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Tersedia pula fitur agar orang tua bisa mengukur kemampuan yang ditampilkan dalam bentuk persentase.

Nah, apabila semua soal telah selesai dikerjakan orang tua pun bisa lebih mudah melakukan evaluasi. Satu hal lagi fitur yang berguna, yaitu reset score untuk me-reset nilai anak ke 0% dan mengulang latihan dari awal. Dengan demikian, soal bisa digunakan berlatih berulang kali sesuai keinginan.

Sayangnya, meskipun aplikasi ini terbilang praktis masih ada beberapa kekurangan yang semoga saja bisa diperbaiki. Beberapa hal yang membuatnya kurang menarik, yaitu tidak ada musik yang menghibur, background soal terlalu polos, dan maskot anjing yang tidak bergerak-gerak di layar. Namun, secara keseluruhan Dog Math bisa dipertimbangkan untuk membantu belajar matematika di mana saja dan kapan saja.

Screenshot

Terfavorit

Ulasan Expert

Babel gun

Name Devoloper

Ulasan Expert

Teman Bumil

Name Devoloper

Ulasan Expert

Ponta Indonesia

Name Devoloper

Ulasan Expert