× Kopi dan paste kodingan di bawah ini untuk mengembed informasi aplikasinya:

AhwalNote: Curhat Islami

Crocias Studio

Ulasan Expert

AhwalNote: Curhat Islami 4 5.00 1

4

( 1 )

Design

8

Usability

8

Feature

8

Ulasan Pengguna

( 0 )

Versi

1.4.1

Sistem Operasi

Android 4.0 dan lebih tinggi

Website

http://www.ahwalnote.com Embed Aplikasi

Ulasan Aplikasi

Curhat Islami dan Solusi Antigalau dari AhwalNote

Oleh Desy Yuliastuti | March 27, 2017

Pernah merasa resah, galau, atau perasaan sedang tidak menentu? Banyak cara bisa dilakukan untuk menenangkan hati dan merilekskan pikiran. Bagi yang muslim, solusi masalah apa pun bisa didapat salah satunya dengan mengingat Allah melalui AhwalNote. Aplikasi ini merupakan aplikasi Islami yang membantu pengguna menyikapi suatu keadaan atau masalah sesuai dengan tuntunan Alquran dan hadist.

Ada beberapa fitur menarik dalam menu yang ada di Ahwal Note. Nah, pada penggunaan pertama, kamu akan diminta untuk menuliskan nama sebelum menggunakan aplikasi. Selanjutnya, menuliskan curhatan atau keadaan disertai emoticon. Tulisan tersebut akan menghasilkan ayat Alquran atau hadist yang berkaitan dengan keadaan saat ini. Misalnya, ketika saya menulis saya sangat bahagia hari ini, aplikasi AhwalNote menampilakan surat Al-Baqarah:152 beserta terjemahannya.

Ayat yang didapatkan dapat dibaca dengan teks latin dan teks Arab. Pengguna juga dapat mendengarkan bacaan arti dengan menekan tombol speaker. Selain itu, keadaan yang didapatkan dapat dibagi ke media sosial. Jika ingin membaca kembali, pengguna bisa menyimpannya di tab favorit dengan menekan tombol bintang yang terletak di sisi kanan atas layar.

Menu utama AhwalNote ini bisa diakses di sisi kiri atas smartphone. Beberapa menu yang ada di anataranya, Catatan, Riwayat, Favorit, Kategori, dan Pengaturan. Nah, pada halaman kategori terdapat ayat Alquran dan hadist yang telah dikelompokkan. Ada 14 kategori yang terbilang lengkap, di antaranya seputar Alquram, puasa, menuntut ilmu, adab Rasulullah, percintaan, dan sebagainya.

Masing-masing kategori ditandai dengan ikon menarik dan memuat daftar ayat Alquran dan hadist yang sesuai. Semua yang ada dalam daftar juga bisa ditambahkan ke dalam menu favorit. Sama halnya dengan catatan keadaan, ayat dan hadist yang ada di kategori dapat didengarkan dan juga dibagikan melalui sosial media.

Di menu Pengaturan memungkinkan kita untuk mengubah nama pengguna, mengubah jenis penanggalan masehi atau hijriah, mengganti warna tema aplikasi, mematikan atau menghidupkan notifikasi yang muncul tiap pagi. Pengguna juga bisa mengirimkan kritik dan saran. Satu lagi fitur yang menarik, yaitu fitur Widget. Dengan fitur ini, kita bisa menambahkan widget AhwalNote pada home screen smartphone sehingga ayat Alquran atau hadist bisa selalu diingat.

Dari sisi desain dan pengoperasian, AhwalNote sangat ringkas dan mudah digunakan. Terlebih lagi warna tampilan layarnya bisa diganti-ganti sesuka hati. Aplikasi ini menurut saya sangat bermanfaat sebagai pengingat dalam suasana apa pun dan bisa sebagai solusi Islami bagi permasalahan yang dihadapi. Sejak berada di Google Play Store hingga kini AhwalNote telah diunduh hingga sekitar 10.000 unduhan.

Screenshot

Terfavorit

Ulasan Expert

Babel gun

Name Devoloper

Ulasan Expert

Teman Bumil

Name Devoloper

Ulasan Expert

Ponta Indonesia

Name Devoloper

Ulasan Expert