Berita > Artikel

Cari Barengan dan Rencanakan Pendakian Gunung dengan Aplikasi Muncak

Oleh Desy Yuliastuti | March 31, 2017

Ketika musim hujan hampir selesai tandanya musim pendakian sudah hampir tiba. Banyak gunung di berbagai wilayah di Indonesia mulai dibuka karena cuaca sudah mendukung untuk melakukan pendakian. Sebelum mendaki, persiapan fisik, mental, dan alat sangat diperlukan demi kelancaran perjalanan.

Satu hal lagi yang tak kalah penting adalah safety first dan jangan pernah melakukan pendakian seorang diri. Nah, buat kamu yang ingin mendaki gunung tapi belum punya rekan seperjalanan bisa coba mengunduh aplikasi Muncak di smartphone Android. Sesuai namanya, Muncak membantu menghubungkan kamu dengan teman untuk mendaki bersama.

Selain terkoneksi dengan sesama pendaki, Muncak punya beberapa fitur sebagai alat sharing dan planning perjalanan. Dengan fitur Hiking Plan pengguna bisa menemukan grup pendakian dan memilih puncak mana yang ingin dijelajahi. Selain itu, pengguna juga bisa membuat grup pendakian sendiri dan mengundang teman-teman baru sesama pengguna untuk bergabung.

Tak usah khawatir jika kita adalah pendaki pemula. Melalui Muncak, setiap pengalaman mendaki yang berbeda-beda bisa dibagikan dalam grup dan menjadi masukan saat mendaki bersama-sama. Aplikasi ini terbilang efektif karena selain menghubungkan sesama partner pendakian agar saling mambantu dan berbagi ilmu.

Dari sisi tampilan, Muncak juga mudah digunakan. Saat memulai menggunakan aplikasi ini, pengguna cukup melakukan registrasi dengan alamat email. Selanjutnya, di home screen akan muncul Hiking Plan disertai nama gunung yang akan dituju. Jika ingin bergabung cukup pilih opsi ‘Join The Hike’.

Selanjutnya, apabila ingin membuat trip bisa memilih opsi tanda plus yang ada di kanan atas layar smartphone. Masukkan data nama gunung yang dituju, jalur pendakian, meeting point, waktu berangkat, dan tempat meeting point. Jangan lupa masukkan catatan tambahan, misalnya apakah trip tersebut open trip atau share cost.

Selain itu, pengguna bisa berkenalan dengan teman baru dan mengirim pesan lewat fitur Direct Message yang ada. Sebelum berkenalan dengan kawan baru, pengguna pun bisa membuka profil sesama pendaki untuk melihat profil pendakiannya. Lewat Muncak, perencaan pendakian bisa lebih menyenangkan dan mendukung aktivitas pendakian, serta membantu mendapatkan teman baru dari berbagai daerah.

Terfavorit

Ulasan Expert

Langit Musik

Name Devoloper

Ulasan Expert

Melon

Name Devoloper

Ulasan Expert

NET.

Name Devoloper

Ulasan Expert