× Kopi dan paste kodingan di bawah ini untuk mengembed informasi aplikasinya:

KRL Access

KAI Commuter Jabodetabek

Ulasan Expert

KRL Access 4 5.00 1

4

( 1 )

Design

7

Usability

9

Feature

8

Ulasan Pengguna

( 0 )

Versi

Sistem Operasi

Android

Website

Embed Aplikasi

Ulasan Aplikasi

KRL Access, Cara Terbaik Mengetahui Jadwal KRL Commuter Line

Oleh Desy Yuliastuti | December 30, 2016

KRL atau Commuter Line saat ini menjadi alat transportasi darat paling cepat dan paling banyak diminati masyarakat, khususnya di Jabodetabek. Padatnya volume kendaraan dan kondisi arus lalu lintas menjadi alasan utama berbagai lapisan masyarakat memilih naik kereta. Selain cepat, kereta juga dinilai nyaman, aman, dan bisa diandalkan agar bisa tepat waktu dampai tujuan dan melaksanakan aktivitas.

Walaupun demikian, kita sering menghadapi berbagai kendala, seperti terburu-buru menuju stasiun, takut tertinggal kereta, jadwal kereta tidak tepat, dan sebagainya. Nah, supaya jadwal perjalanan bisa direncanakan dengan lebih baik, kita bisa memanfaatkan informasi aplikasi KRL Access dengan memasangnya di smartphone atau tablet.

KRL Access merupakan aplikasi resmi Commuter Line yang menyediakan informasi posisi dan jadwal Commuter Line di Jabodetabek. Sebagai penumpang, tentunya kita membutuhkan banyak informasi real time jika ada gangguan perjalanan kereta, perubahan jadwal, dan sebagainya. Apa saja yang ada dalam aplikasi KRL Access?

Aplikasi yang bisa diinstal di perangkat Android dan iOS ini didesain sederhana, tetapi memiliki banyak fitur yang bisa diakses dengan menyentuh ikon titik tiga di sisi kiri atas layar. Saat membuka beranda aplikasi, kita langsung mendapatkan informasi lalu lintas dari 5 rute perjalanan KRL Jabodetabek, yaitu Central Line, Bekasi Line, Loop Line, Maja Line, dan Tangerang Line. Informasi yang ada saat ini bisa diakses dalam dua bahasa, yaitu Indonesia dan Inggris.

Fitur andalan aplikasi KRL Access adalah Posisi Kereta dan Jadwal Kereta. Di dalamnya memberi kita informasi posisi KRL yang akan menuju dan berangkat dari stasiun di mana kita berada. Jadwal kereta akan ditampilkan dan diperbarui secara real time dan aplikasi akan menunjukkan KRL tujuan mana saja yang melintasi stasiun tempat kita berada. Jadi, calon penumpang bisa tahu kapan kereta yang dibutuhkan melewati stasiun tersebut.

Untuk membuka fitur ini, sebelumnya pastikan aplikasi KRL Access sudah terpasang di smartphone atau tablet. Selanjutnya, buka aplikasi KRL Access dan di menu utama pilih Posisi Kereta dan pilih stasiun keberangkatan, Nah, akan muncul informasi posisi kereta terdekat dari stasiun tersebut lengkap dengan nomor KRL, jarak stasiun, dan estimasi waktu kedatangan.

Dengan mengecek jadwal kereta, waktu kita menuju stasiun dapat diatur dan disesuaikan tanpa khawatir ketinggalan kereta atau terburu-buru. Menariknya, tak hanya jadwalnya saja yang bisa diketahui, aplikasi ini menyediakan fitur Tarif yang menampilkan biaya yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan dari stasiun keberangkatan sampai stasiun tujuan.

Selain fitur tersebut, melalui aplikasi KRL Access pengguna KRL dapat berinteraksi langsung dengan media sosial KAI Commuter Jabodetabek (KCJ), seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Aplikasi ini juga menyediakan fitur yang menghubungkan pengguna dengan akun YouTube Commuter Channel yang berisi informasi seputar Commuter Line dalam bentuk video. Enaknya lagi, pengguna juga bisa memberikan saran dan kritik langsung lewat surat elektronik melalui fitur Email Komplain yang terhubung dengan handling complain PT KCJ.

Satu hal yang membedakan aplikasi KRL Access dengan aplikasi pemantau jadwal kereta lainnya adalah fitur C-Traffic. Lewat fitur ini, pengguna setia Commuter Line akan mendapatkan notifikasi langsung di perangkat smartphone atau tablet apabila ada informasi penting. Misalnya, kondisi lalu lintas kereta, kebijakan atau tarif baru dari PT KCJ, bahkan informasi terkini mengenai gangguan perjalanan lengkap dengan perkembangannya.

Seperti saat jelang akhir tahu seperti sekarang ini, saya menerima beberapa notifikasi adanya antrean padat menuju Manggarai sehubungan adanya jadwal tabahan KA jarak jauh jelang libur Natal dan tahun baru. Nah, fitur ini bisa dinikmati kalau kita sudah registrasi dalam aplikasi dengan memasukkan email di menu KCJ News.

Meskipun sudah berfungsi baik sebagai sumber informasi bagi penumpang KRL, alangkah baiknya kalau aplikasi ini bisa dikembangkan lagi dengan menambah fitur lainnya. Misalnya, kita bisa mengecek saldo Kartu Multi Trip via smartphone yang punya fitur NFC dan fitur mengisi ulang saldo dengan internet banking atau m-banking supaya tidak repot antre di depan loket.

Inovasi lewat aplikasi dan fitur-fitur yang ada sejauh ini dirasa bermanfaat apalagi bagi masyarakat yang sehari-hari menggunakan KRL sebagai alat transportasi utama. Banyaknya pengguna KRL juga membuat aplikasi ini terus diunduh. Sejak diluncurkan pada Juni hingga Desember 2016, aplikasi KRL Access telah diunduh lebih dari seratus ribu pengguna di Google Play Store.

Screenshot

Terfavorit

Ulasan Expert

Babel gun

Name Devoloper

Ulasan Expert

Teman Bumil

Name Devoloper

Ulasan Expert

Ponta Indonesia

Name Devoloper

Ulasan Expert