Berita > Artikel

Cara Praktis Mencari Dokter Terdekat dengan Aplikasi iDokter

Oleh Desy Yuliastuti | March 24, 2017

Kesehatan tubuh menjadi hal penting yang harus dijaga. Jika kondisi tidak sehat otomatis aktivitas akan terganggu. Namun, apabila sakit tak perlu bingung lagi mencari dokter, klinik, atau rumah sakit terdekat. Semua kebutuhan informasi tersebut bisa diperoleh melalui aplikasi iDokter.

Aplikasi iDokter merupakan aplikasi yang mempermudah akses terhadap fasilitas kesehatan. Menariknya, iDokter menggunakan teknologi Location Based Service (LBS) sehingga terhubung dengan GPS pada smartphone/tablet. iDokter ini akan secara otomatis menampilkan informasi fasilitas kesehatan (faskes) terdekat dengan pengguna.

iDokter menampilkan tiga fitur utama di home screen, yaitu Near Me, Explore, dan Search. Ketiganya bisa digunakan untuk mencari lokasi faskes, tetapi dengan cara yang berbeda. Near Me untuk mencari yang terdekat, Explore untuk mencari faskes berdasarkan kebutuhan, dan Search untuk mengetahui letak faskes dengan memasukkan kata kunci.

Fitur pertama, Near Me langsung menampilkan lokasi faskes di bawah layar smartphone dan pengguna bisa menggeser (swipe) layar ke kanan dan kiri untuk melihat daftar faskes. Bisa juga melakukan pencarian dengan memasukkan kata kunci yang diinginkan. Di sisi kanan layar ada opsi pencarian dengan tanda plus yang fungsinya sebagai filter kategori dokter, dokter gigi, dan sebagainya.

Fitur yang tak kalah menarik adalah Explore. Fitur ini memberikan keuntungan karena pengguna bisa mengetahui daftar faskes berdasarkan kebutuhan medis pengguna. Ada 58 kategori spesifik yang bisa dipilih. Mulai dari dokter spesialis anak, penyakit dalam, dokter gigi, dokter mata, ortopedi, apotek, laboratorium, spesialis penyakit dalam, hingga keperluan untuk penyakit berat seperti dokter bedah, onkologi, dan sebagainya.

Lewat fitur Explore, pengguna langsung diarahkan ke lokasi faskes sesuai gejala klinis tanpa harus repot mencari satu-persatu. Misalnya, ketika saya memilih kategori dokter gigi, iDokter langsung menampilkan daftar referensi dokter gigi, alamat, dan jarak dari lokasi saya berada. Seperti sebelumnya, fitur ini juga menyediakan informasi nomor telepon dan peta interaktif.

Terakhir, iDokter menyediakan fitur Search atau pencarian langsung. Ketiga fitur tersebut menurut saya efektif dan terhubung dengan peta interaktif yang bisa langsung memandu perjalanan menuju dokter, apotek, atau pun rumah sakit yang akan dituju. Cukup dengan menyentuh lokasi yang dimaksud, akan terlihat informasi berupa foto, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan peta akurat.

Secara keseluruhan, iDokter bisa memberikan panduan dan keberadaan faskes di sekitar kita secara lengkap. Meskipun sederhana, tampilan aplikasi ini mudah dioperasikan. iDokter patut dipertimbangkan untuk menjadi salah satu aplikasi yang bisa diunduh terutama apabila sedang bepergian atau berada di suatu lingkungan baru.

Terfavorit

NET.

Name Devoloper

Ulasan Expert

Ulasan Expert

Kolam Komik

Name Devoloper

Ulasan Expert

Mangaindo

Name Devoloper

Ulasan Expert