Berita > Artikel

Cara Asik Mengenal Pramuka Sambil Bermain lewat ‘Marbel Belajar Pramuka’

Oleh Desy Yuliastuti | April 11, 2017

Sejak dahulu kegiatan kepramukaan menjadi sarana menanamkan nilai-nilai luhur sebagai bekal menghadapi perkembangan zaman. Bahkan kegiatan kepramukaan menjadi salah satu ekstrakulikuler wajib di sekolah agar anak mendapat pendidikan karakter. Sebagai langkah awal mengenal kepramukaan, anak-anak bisa mempelajarinya melalui game edukasi ‘Marbel Belajar Pramuka’.

Game buatan Educa Studio ini bisa diunduh gratis untuk platform Android dan iOS. Sesuai namanya, Marbel Belajar Pramuka merupakan aplikasi pendidikan untuk membantu anak mengenal Pramuka. Di dalamnya terdapat materi kepramukaan sekaligus permainan mengasikkan yang mengasah kecerdasan dan daya ingat anak.

Ketika masuk ke home screen Marbel Belajar Pramuka akan dijumpai dua menu, yaitu belajar dan bermain. Anak-anak dapat belajar materi seputar kepramukaan yang dengan singkat dan padat. Di menu belajar terdapat materi pokok, seperti Arti Lambang Pramuka dan Tingkatan Pramuka (siaga, penggalang, penegak, pandega, pembina).

Selain itu, anak dapat belajar mengenali Tanda Jejak dilengkapi dengan ikon contoh jejak dan keterangannya. Materinya pun terbilang lengkap, seperti tanda air boleh atau tidak boleh diminum, belok kanan, atau mengenali tanda bahaya. Ada pula materi seputar Arah Mata Angin yang dilengkapi dengan kompas, narasi, dan visualisasi yang bisa dikontrol manual atau otomatis.

 

Nah apabila sudah selesai belajar, anak bisa bermain sekaligus mengasah daya ingat. Permainan seputar kepramukaan terbilang variatif dan masih berkaitan dengan materi sebelumnya. Dalam menu bermain terdapat Puzzle Bayangan dengan pertanyaan seputar tingkatan Pramuka, Tebak Cepat untuk menguji pengetahuan seputar lambing Pramuka, Tebak Arah Mata Angin, dan Mencari Jejak.

Semua permainan dalam game ini bertujuan untuk mengumpulkan koin supaya mendapatkan poin. Jika poin sudah terkumpul dalam jumlah tertentu, pemain akan mendapatkan lencana kepramukaan. Lencana tersebut bisa dikoleksi di menu Lencanaku yang bisa diakses dengan memilih menu lencana pada pojok kiri bawah layar smartphone.

Secara keseluruhan, Marbel Belajar Belajar Pramuka merupakan sebuah game yang menarik. Tampilannya sederhana, materinya lengkap, terdapat narasi sebagai penjelas, dan ada musik yang menghibur. Game ini juga menggabungkan konsep belajar materi kepramukaan sambil bermain sehingga anak tak akan bosan.

Meskipun begitu terdapat beberapa kekurangan, seperti dalam bermain mencari jejak terasa kurang responsif untuk menggerakkan karakter di layar. Peletakkan iklan di tengah-tengah layar pun terasa kurang pas. Terlepas dari itu, game ini cocok sebagai media belajar Pramuka bagi siswa SD di atas usia 7 tahun.

 

Terfavorit

NET.

Name Devoloper

Ulasan Expert

Ulasan Expert

Kolam Komik

Name Devoloper

Ulasan Expert

Mangaindo

Name Devoloper

Ulasan Expert