× Kopi dan paste kodingan di bawah ini untuk mengembed informasi aplikasinya:

Marbel Belajar Profesi

Educa Studio

Ulasan Expert

Marbel Belajar Profesi 4 5.00 1

4

( 1 )

Design

8

Usability

9

Feature

8

Ulasan Pengguna

( 0 )

Versi

Varies with device

Sistem Operasi

Android Varies with device

Website

http://www.educastudio.com Embed Aplikasi

Ulasan Aplikasi

Cara Asik Kenalkan Cita-Cita dan Profesi kepada Anak Lewat ‘Marbel Belajar Profesi’

Oleh Desy Yuliastuti | May 3, 2017

Saat mulai duduk di bangku sekolah dasar, rata-rata anak-anak akan ditanyakan tentang cita-cita mereka. Misalnya, saat di taman kanal-kanan saya pernah bercita-cita menjadi dokter, tetapi saat sekolah dasar cita-cita pun mulai berubah-ubah. Tanpa disadari, pertanyaan sederhana tersebut sebenarnya bisa membantu anak menetapkan tujuan di masa depannya.

Orang tua bisa membantu mengarahkan dengan mulai mengenalkan berbagai macam profesi sejak dini. Selain itu, mengenal profesi pun bermanfaat agar anak bisa menghargai profesi orang lain. Tahapan pengenalan bisa dimulai dengan belajar sambil bermain lewat aplikasi edukatif ‘Marbel Belajar Profesi’.

Aplikasi dari Educa Studio ini memudahkan anak-anak untuk mengenal berbagai macam profesi dan mengetahui gambaran kegiatan dari setiap profesi. Di dalamnya terdapat dua menu utama, yaitu menu belajar dan menu bermain. Pada menu belajar, aplikasi ini menyajikan 30 profesi untuk memuaskan rasa ingin tahu anak.

Menariknya, setiap profesi diilusrasikan dengan gambar yang menarik dan disertai animasi. Ada dua cara pengoperasian, yaitu dengan menge-tap pada gambar setiap profesi atau cukup menge-tap sekali dan menggeser layar ke kanan dan kiri. Profesi yang ada terbilang variatif dan lengkap, seperti dokter, ilmuwan, masinis, sopir, teknisi, atau tukang kayu. Marbel Belajar Profesi pun dilengkapi audio interaktif agar menarik minat anak.

Selesai belajar, anak-anak bisa langsung mengasah pengetahuan lewat permainan. Ada empat mode permainan, yaitu jigsaw puzzle, tebak gambar, tebak cepat, dan ubah warna. Pada permainan puzzle, ada potongan-potongan gambar yang harus diselesaikan dengan waktu tertentu yang membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Selanjutnya, pada tebak gambar anak akan diminta menebak gambar profesi yang berada di balik kartu-kartu.

Lanjut ke permainan selanjutnya, ada tebak cepat yang melatih daya ingat anak. Dalam waktu tertentu, ada tiga pilihan gambar profesi yang harus dipilih sesuai dengan pertanyaan. Terakhir, permainan ubah warna anak bertugas menyeragamkan warna baju dari gambar profesi penyanyi.

Secara keseluruhan, aplikasi ini memadukan konsep bermain dan belajar yang tak membuat anak bosan. Namun, rangkaian kegiatan yang ada membuat anak lebih kreatif dan imajinatif. Adanya narasi pun terasa sangat memudahkan, apalagi jika anak belum lancar membaca. Aplikasi ini menurut saya akan lebih efektif apabila anak juga ikut diberitahukan wujud profesinya sehingga tak hanya mengenal lewat aplikasi saja.

Screenshot

Terfavorit

Ulasan Expert

Babel gun

Name Devoloper

Ulasan Expert

Teman Bumil

Name Devoloper

Ulasan Expert

Ponta Indonesia

Name Devoloper

Ulasan Expert