Berita > Artikel

Belajar Seru Sambil Mengenal Profesi Lewat Marbel Pemadam Kebakaran

Oleh Desy Yuliastuti | March 7, 2017

Game tak selalu berdampak negatif bagi anak-anak apabila sesuai dengan batasan umurnya. Justru, melalui game anak bisa lebih kreatif dan membantu proses eksplorasi hal baru. Salah satu game yang menarik dan bisa dicoba, yakni Marbel Pemadam Kebakaran.

Game Marbel Pemadam Kebakaran merupakan permainan interaktif sederhana yang mengenalkan anak-anak pada pekerjaan pemadam kebakaran. Game buatan Educa Studio ini terbilang cocok untuk anak, apalagi dengan karakter gajah dan kucing yang lucu sebagai pemadam kebakaran. Menariknya, game ini tersedia dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Marbel Pemadam Kebakaran mengajarkan anak menolong orang lain dan memadamkan api dengan berbagai alat pemadam kebakaran. Simulasi ini membuat anak seolah bekerja sebagai pemadam kebakaran. Selain itu, anak-anak diperkenalkan pada prosedur penyelamatan korban, peralatan pemadam kebakaran, dan cara pemakaiannya.

Saat memulai game, anak-anak akan dibawa ke ruang kendali dan harus segera bergegas menolong apabila alarm berbunyi. Ada dua armada pemadam kebakaran yang bisa dipilih, yakni dengan truk pemadam kebakaran atau pesawat pemadam kebakaran. Selanjutnya, anak harus menunjukkan di mana letak posisi kebakaran kemudian menuju lokasi.

Saat tiba dilokasi, hal pertama yang dilakukan adalah menyelamatkan anak yang terjebak kebakaran dan mengantarkannya ke ambulans. Selanjutnya, tugas kedua adalah memadamkan api dengan menggunakan selang. Jika air di truk pemadam habis, anak bisa berinisiatif mengisinya lewat hydrant yang tersedia. Setelah dua tugas selesai maka bisa mendapat reward berupa bintang.

Semakin banyak bintang maka menunjukkan sebagai pemadam kebakaran yang andal. Permainan bisa diulangi dengan menampilkan lokasi yang berbeda-beda. Anak akan merasa bangga sebagai pemadam kebakaran dan mendapatkan pengalaman menarik saat menyelamatkan korban.

Permainan simulasi ini mudah dimainkan dan control permainannya cukup sederhana Saat melakukan tugas sebagai pemadam kebakaran, anak tinggal menggeser-geser layar dan menge-tap­ saja untuk mendapatkan posisi penyelamatan atau pemadaman yang tepat. Selain itu, sepanjang permainan juga diiringi musik menyenangkan yang membuat anak betah.

Secara keseluruhan, Marbel Pemadam Kebakaran terbilang menarik dan membantu anak mengasah empati dengan menolong orang lain. Selain itu, anak juga bisa mengetahui garis besar profesi pemadam kebakaran tentunya didukung penjelasan dari orang tua. Marbel Pemadam Kebakaran menggabungkan konsep belajar dan permainan menjadi satu sehingga menjadi salah satu permainan yang tepat untuk anak-anak.

Terfavorit

NET.

Name Devoloper

Ulasan Expert

Ulasan Expert

Kolam Komik

Name Devoloper

Ulasan Expert

Mangaindo

Name Devoloper

Ulasan Expert