× Kopi dan paste kodingan di bawah ini untuk mengembed informasi aplikasinya:

Cerita Anak: Lutung Kasarung

Educa Studio

Ulasan Expert

Cerita Anak: Lutung Kasarung 4 5.00 1

4

( 1 )

Design

9

Usability

9

Feature

9

Ulasan Pengguna

( 0 )

Versi

Sistem Operasi

Android 2.3 dan lebih tinggi

Website

http://www.educastudio.com Embed Aplikasi

Ulasan Aplikasi

Belajar Membaca Interaktif di Android Lewat Dongeng Lutung Kasarung

Oleh Desy Yuliastuti | April 18, 2017

Dongeng Lutung Kasarung merupakan dongeng asal Jawa Barat. Ceritanya mengisahkan seorang puteru cantik bernama Purbasari yang diasingkan ke hutan oleh kakaknya sendiri dan diberi kutukan penyakit kulit. Kisah Lutung Kasarung ini tak hanya menarik dan terkenal di Indonesia, tetapi telah menjadi dongeng tervaforit sepanjang masa.

Dongen Lutung Kasarung kini dapat dibaca berulangkali di smartphone atau tablet Android lewat aplikasi buku ‘Cerita Anak: Lutung Kasarung’. Aplikasi ini merupakan bagian dari RIRI (Cerita Anak Interaktif dan Game Edukasi) buatan Educa Studio. Di dalamnya terdapat dua menu utama, yaitu Cerita Interaktif dan Edukasi Interaktif yang membantu mengembangkan kreativitas anak.

Dalam menu Cerita Interaktif, pengguna disuguhkan cerita Lutung Kasarung dengan latar animasi yang bagus, indah, dan menarik. Selain itu, cerita dikemas menggunakan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti anak-anak. Terdapat pula animasi, narasi otomatis, dan latar musik yang membuat anak betah membaca.

Cerita Interaktif Lutung Kasarung terdiri dari 9 halaman buku cerita. Pengguna bisa mulai membaca dengan fitur untuk membaca otomatis atau membaca sendiri. Setiap halaman dilengkapi teks cerita, tetapi teksnya pun bisa disembunyikan. Namun, pada mode membaca sendiri, menggeser halaman bisa dilakukan dengan tanda panah ke kanan-kiri saja, tidak seperti membalik halaman buku.

Selanjutnya, setelah selesai membaca maka pengguna bisa mencoba Edukasi Interaktif. Dalam menu ini terdapat permainan edukasi seru. Ada 4 permainan, yaitu Puzzle Bentuk, Dress Up, Basuh Tubuh, dan Ulat Buah. Permainan ini akan mengajarkan anak mengenali warna, berhitung puzzle, celatan dalam labirin, dan melatih ketangkasan. Di akhir permainan, pengguna akan mendapat skor dan bintang sebagai penghargaan.

Kelebihan aplikasi ini menurut saya terletak pada mode membaca otomatis dan manual sehingga bisa membantu anak berlatih membaca. Selain itu, tema lokal yang diangkat membuat anak tak melupakan dongeng asli Indonesia. Di akhir cerita pun disampaikan pesan moral tentang berbuat baik kepada sesama dan saling memaafkan. Aplikasi ini dinilai sangat cocok untuk membantu membangun karakter anak dan berlatih empati sejak dini.

Screenshot

Terfavorit

Ulasan Expert

Babel gun

Name Devoloper

Ulasan Expert

Teman Bumil

Name Devoloper

Ulasan Expert

Ponta Indonesia

Name Devoloper

Ulasan Expert