Berita > Artikel

Asah Kemampuan Soal Psikotes ‘Tes Koran’ di Smartphone Android

Oleh Desy Yuliastuti | April 5, 2017

Tes psikologi atau psikotes sejak dulu masih menjadi salah satu standar atau tolok ukur dalam tahap penerimaan pegawai. Hampir semua seleksi penerimaan pegawai, baik di pemerintahan, BUMN, maupun swasta menerapkannya. Tes ini dipandang sebagai cara akurat untuk mengetahui secara logis potensi seseorang.

Psikotes pun terkadang menjadi sebuah ‘ketakutan’ tersendiri dibandingkan proses lainnya. Modelnya bermacam-macam, salah satunya tes kraepelin atau sering disebut tes koran. Soal psikotes model ini mengharuskan kita menjumlahkan dua angka berdekatan dengan waktu tertentu, lalu menuliskan jawabannya tepat di sebelahnya.

Meskipun terbilang hitungan sederhana, tes koran membutuhkan konsentrasi dan ketelitian. Latihan tentu diperlukan sebelum menghadapi tes koran, salah satunya dengan menggunakan aplikasi Tes Koran yang bisa diunduh di smartphone atau tablet Android. Dengan aplikasi Tes Koran, kamu bisa berlatih tes koran di mana saja dan kapan saja tanpa membawa instrument tes.

Aplikasi buatan Intelligence Studio ini memiliki desain sederhana dan mudah dioperasikan. Di awal aplikasi, pengguna akan diberikan instruksi untuk mengikuti simulasi tes. Instruksinya hampir sama denga tes secara real, yaitu jumlahkan dua angka yang ditampilkan dan pilih (klikO angka belakangnya saja. Contohnya, pada soal 9+5=? maka klik angka 4 saja atau 3+5=”? klik angka 8 saja.

Dalam aplikasi Tes Koran tersedia beberapa fitur yang bermanfaat. Ada fitur pilihan waktu (dalam menit) untuk mengasah kemampuan. Pengguna bisa memilih waktu pengerjaan soal dalam 1-22,5 menit. Selain itu, terdapat fitur tipe angka untuk memilih angka berurutan atau acak.

Menariknya hasil tes tak hanya muncul di layar, tetapi Tes Koran dapat memantau perkembangan pengguna. Setelah selesai mengerjakan soal, ada laporan skor akhir, total benar, total salah, dan waktu rata-rata menjawab soal. Pengguna juga bisa melihat angka perkiraan kecepatan kerja, ketelitian kerja, keajegan kerja, dan ketahanan kerja.

Tes koran pun bisa memantau perkembangan pengguna selama 100 permainan terakhir. Dalam fitur Perkembangan Pengguna akan ditampilkan tabel progress latihan, kemampuan rata-rata, dan akurasi dalam bentuk persen. Dengan aplikasi Tes Koran, pengguna bisa berlatih mandiri dan mengetahui laporan setiap hari secara lengkap.

Aplikasi Tes Koran bisa menjadi pilihan buat kamu yang ingin menempuh psikotes untuk melatih ketelitian, konsistensi, dan kecepatan waktu. Apalagi dengan adanya pilihan waktu dan angka yang bisa di-setting bisa menjadi sarana untuk menantang diri sendiri sebelum menghadapi tes koran yang sebenarnya.

Terfavorit

Bangsacerdas

Name Devoloper

Ulasan Expert

Crazy Clean

Name Devoloper

Ulasan Expert

DeaLelang

Name Devoloper

Ulasan Expert

Umroh Daqu Travel

Name Devoloper

Ulasan Expert