Berita > Artikel

Aplikasi Diabetes Solution Center (DSC), Bantu Pengidap Diabetes Jalani Pola Hidup Sehat

Oleh Desy Yuliastuti | June 2, 2017

Diabetes merupakan penyakit kronis yang menyebabkan gangguan metabolisme di dalam tubuh. Penyembuhannya cenderung lama, bahkan penyandangnya rentan mengalami sejumlah komplikasi pada organ tubuh lainnya. Perlu mengenali gejala sejak dini untuk pencegahan, tetapi jika sudah terlanjur maka diperlukan pola hidup sehat.

Pengidap diabetes kini bisa menjalani pola hidup sehat ditemani aplikasi mobile Diabetes Solution Center (DSC). Di dalamnya terdapat empat fitur-fitur khusus, yaitu Diari Diabetes, Ask The Expert (Chat), Ask the Expert (Chat), Tips and Information (Edukasi), Delivery Services and Membership. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play Store, Apple App Store, atau diakses melalui lewat www.diabetessolution.co.id.

Setelah mengunduhnya, pengguna bisa langsung login dan mengisi data-data pribadi. Monitoring kadar gula darah bisa dilakukan melalui fitur Diabetes Diary. Pengguna bisa memasukkan data asupan gula, kalori sepanjang hari, data pemeriksaan kolesterol, tensi, dan aktivitas olah raga yang sudah dilakukan.

Data-data yang tersebut akan ditampilkan dalam grafik. Pengguna akan mendapat alerts untk nilai gula darah di luar batas. Selain itu, ada reminder minum obat, grafik pemantau, kalkulator HbA1c, serta pengukur keron urin. Pasien juga bisa setiap saat terhubung dengan caregiver (pemantau status kesehatan).

Adapun fitur Ask The Expert (Chat) terhubung langsung dengan tim dokter dari Kalbe Farma. Layanan konsultasi secara online bisa diakses hari Senin-Jumat pada jam 09.00-17.00 WIB. Jadwal dokter tamu sebagai fasilitator akan diperbarui setiap minggunya. Fitur ini bisa mempermudah pasien jika sewaktu-waktu ingin mendapatkan tips untuk menjalani hidup sehat.

Jika memerlukan informasi, pengguna bisa mendapatkannya di fitur Edukasi. Terdapat berbagai artikel seputar tips gaya hidup sehat, diabetes dan komplikasi, resep sehat, olahraga, seputar pengobatan, dan sebagainya. Melalui aplikasi ini, pengguna yang belum menderita diabetes bisa membaca informasi mengenai faktor risiko dan upaya pencegahan diabetes.

Menariknya, pengunduh aplikasi DSC bisa login sebagai pasien atau sebagai caregiver di mana pengguna bisa membantu memantau kesehatan anggota keluarga. Oiya karena aplikasi ini dibuat oleh KALBE, khusus anggota Kalbe Family bisa berbelanja produk dengan layanan antar 24 jam.

Dari sisi tampilan dan UI, aplikasi ini cukup memberi kemudahan dan manfaat tak hanya untuk penderita diabetes saja. Memasukkan data dan memaksimalkan fitur pun tidak sulit, tetapi bagi pengguna yang sudah lanjut usia tentu perlu bantuan untuk menggunakannya. Secara keseluruhan aplikasi ini bisa membantu pengidap diabetes untuk menjaga hidup agar tetap sehat.

Terfavorit

NET.

Name Devoloper

Ulasan Expert

Ulasan Expert

Kolam Komik

Name Devoloper

Ulasan Expert

Mangaindo

Name Devoloper

Ulasan Expert