Berita > Artikel

Aplikasi Anak Cerdas, Solusi Belajar dan Bermain dengan Aman dan Menyenangkan

Oleh Desy Yuliastuti | March 16, 2017

Bermain gadget seperti smartphone atau tablet tak selalu berdampak negatif pada anak. Dengan memilih aplikasi yang tepat, gadget pun bisa menjadi salah satu media belajar. Nah, tak perlu cemas jika anak atau adik kita bermain gadget karena aplikasi Anak Cerdas bisa membantu anak belajar dan bermain dengan cara menyenangkan.

Anak Cerdas merupakan aplikasi edukasi yang dibuat oleh Acer Indonesia. Di dalamnya menghadirkan konten yang sesuai dengan materi pendidikan yang diajarkan di sekolah . Selain itu, anak pun dapat bermain dengan berbagai game atau aplikasi pilihan dengan aman.

Di awal penggunaan, Anak Cerdas memperkenalkan apa saja yang ada di dalam aplikasi ini. Di halaman utama ada dua kategori utama, yaitu’ Dunia Anak’ dan ‘Dunia Tekno’. Kategori Dunia Anak memiliki tiga menu aktivitas, yaitu Mari Bermain, Latihan Yuk, dan Jelajah Seru. Adapun Dunia Tekno menyajikan wawasan mengenai teknologi dengan bahasa yang mudah dipahami.

Banyak fitur yang ditawarkan dalam aplikasi Anak Cerdas. Lewat ‘Latihan Yuk’, si kecil bisa berlatih soal sesuai dengan kurikulum yang disajikan di sekolah. Beragam soal tersedia untuk anak usia 6-12 tahun dan sudah dilengkapi soal ujian. Latihan Yuk bisa digunakan hingga 3 orang anak dengan mengedit masing-masing profil sesuai tingkat pendidikannya. Pilih mata pelajaran yang ada lalu jawab soalnya dan orang tua juga bisa melihat hasil belajar si kecil dengan mudah.

Setelah selesai berlatih, anak bisa bermain dengan mengakses berbagai aplikasi pilihan di Mari Bermain. Di sini terdapat rekomendasi aplikasi game, pendidikan, dan e-book. Selain itu, ada fitur Zona Anak untuk memilih aplikasi Anak Cerdas yang bisa diakses oleh si kecil. Pastikan aplikasi yang dipilihkan dari Zona Anak sesuai dengan umur dan kebutuhannya.

Menariknya, Anak Cerdas menyediakan sistem proteksi (parental control) pada aplikasi. Anak bisa memilih aplikasi yang disukai dengan mengaktifkan fitur Izin Unduh dan aplikasi yang sesuai bisa dipantau lewat fitur Atur Aplikasi. Kelebihan lainnya adalah fitur Laporan Penggunaan sehingga orang tua bisa memantau aktivitas keseharian anak bersama tabletnya kemudian laporan diterima via email.

Menu lainnya adalah Dunia Tekno untuk belajar dengan bahasa yang mudah dan menyenangkan. Di dalamnya terdapat tips dan info seputar produk teknologi, serta materi edukasi yang cocok untuk anak. Terakhir terdapat menu Jelajah Seru berisi petualangan yang bisa membantu mengasah kreativitas anak dengan memecahkan teka-teki seru di tiap levelnya.

Dari sisi desain, tampilan aplikasi menarik dan cocok untuk anak-anak meskipun agak sulit diakses dengan jari berukuran besar. Namun, secara keseluruhan Anak Cerdas bisa menjadi belajar dan bermain yang aman. Sayangnya, aplikasi ini belum bisa diunduh untuk OS selain Android.

Terfavorit

NET.

Name Devoloper

Ulasan Expert

Ulasan Expert

Kolam Komik

Name Devoloper

Ulasan Expert

Mangaindo

Name Devoloper

Ulasan Expert