Donasi Online dan Praktis Lewat Smartphone dengan Aplikasi Kitabisa

Era digital dan kemajuan teknologi tentu memberikan banyak kemudahan. Mulai dari urusan transportasi, perbankan hingga kehidupan sosial pun menjadi semakin lancar berkat aplikasi. Tak ada salahnya hal ini juga kita manfaatkan untuk mengulurkan tangan membantu sesama.

Kitabisa, situs galang dana dan donasi secara online (Kitabisa.com) kini sudah memiliki aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store. Melalui aplikasi ini, kita bisa berdonasi untuk berbagai kampanye sosial kapan saja. Misalnya, untuk program panti asuhan, beasiswa, bencana alam, infrastruktur, pembangunan rumah ibadah, dan sebagainya.

Bagaimana cara berdonasi lewat aplikasi Kitabisa? Pastikan dahulu aplikasi Kitabisa sudah terpasang di smartphone. Selanjutnya, pilih kategori program sosial yang ingin didonasikan. Pilih minimal tiga kategori untuk ditampilkan di layar sesuai preferensi lalu aktifkan fitur pengingat untuk donasi/zakat setiap bulannya.

Satu hal yang membedakan dengan donasi via website, sistem donasi di aplikasi Kitabisa menggunakan fitur dompet. Cara ini lebih praktis karena donatur tak perlu transfer berkali-kali, saldo dompet akan terpotong secara otomatis. Jadi, isi dulu saldo dompet via transfer bank mulai dari Rp50.000 hingga Rp1 juta atau isi dengan kode voucher. Setelah top up saldo diverifikasi, langsung saja ke menu Donasi untuk melihat campaign.

Pada menu Donasi akan muncul berbagai campaign berdasarkan kategori dan yang sedang trending. Setiap campaign berisi informasi judul, dana terkumpul, pencapaian, dan waktu donasi yang tersisa. Detailnya bisa dilihat dengan klik salah satu gambar dan akan muncul story (latar belakang, update, dan nama donatur. Selanjutnya, Klik ‘Donasi Sekarang’, isi nominal, pilih metode pembayaran, dan terakhir klik ‘Donasi’ di bagian bawah.

Apabila saldo habis maka pengguna bisa melakukan top up. Namun, saldo tak bisa dicairkan karena hanya bisa dipakai untuk donasi. Kelebihan lain selain fitur dompet dan pengingat, ada update dan laporan donasi, hitung zakat otomatis, live chat dengan customer service, dan history transaksi.

Dari sisi tampilan antarmuka, desain aplikasi Kitabisa enak dilihat dengan dominasi warna biru putih dan mudah digunakan. Selain itu, ukuran aplikasi yang sebesar 13 MB tidak memakan banyak ruang penyimpanan dan berjalan tanpa lag. Secara keseluruhan, aplikasi ini bisa memudahkan akses donasi antara donatur dengan penerima dengan mudah, transparan, dan akuntabel.

Download Gratis Buku Pelajaran SD Sampai SMA Lewat Aplikasi BSD

Mungkin kita sudah tak asing lagi mendengar istilah ebook atau buku digital. Namun, masih banyak masyarakat yang belum mengetahuinya, terutama di daerah yang belum terjangkau koneksi internet. Meskipun begitu, buku digital saat ini sudah mulai bisa diakses dan penerbit yang mengonversi buku terbitannya agar bisa diunduh dengan harga lebih terjangkau.

Di dunia pendidikan, Buku Sekolah Digital (BSD) menjadi bagian dari program Kementerian Pendidikan Nasional untuk pemerataan pendidikan. Pemerintah sendiri telah menyediakan lebih dari 2000 BSD berstandar nasional untuk siswa SD, SMP, SMA, dan SMK via aplikasi BSD (Buku Sekolah Digital). Dengan begitu, buku paket yang menggu nakan kertas bisa diakses lewat internet,

Aplikasi BSD memiliki lebih dari 2000 koleksi buku yang bisa diakses secara gratis melalui tablet dan smartphone. Terdapat 841 judul buku pelajaran Kurikulum 2013 dan 1292 judul buku pelajaran KTSP 2006. Masing-masing diletakkan dalam satu folder menu sesuai dengan tingkat pendidikannya.

Tak hanya buku-buku pelajaran sekolah saja, aplikasi BSD punyak koleksi buku pengetahuan umum, seperti buku Antikorupsi dari KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) dan buku edukasi keuangan dari Bank Indonesia. Ada pula Kamus Bahasa Indonesia, Kamus Indonesia-Inggris, dan Kamus Inggris-Indonesia untuk memudahkan saat belajar bahasa.

Dari sisi tampilan antarmuka, aplikasi BSD terbilang cukup simpel. Saat membukanya, pengguna akan menemui dua tab utama di homescreen. Di sisi kiri dengan ikon rak buku akan menampilkan buku yang diunduh, sementara di sisi kanan berisi buku-buku pelajaran dalam folder sesuai kurikulum. Di dalam folder kurikulum ada lagi folder turunan berisi buku-buku yang sesuai dengan jenjang pendidikan dan kelas.

Pencarian buku bisa dilakukan secara manual atau lewat fitur search di atas tab. Aplikasi BSD langsung menampilkan cover buku dan pengguna cukup menge-tap untuk mengunduh. Hasil unduhan akan muncul di perpustakaan, klik judul untuk membaca, dan swipe layar ke kanan kiri untuk membaca seperti membuka halaman buku cetak biasa.

Menariknya, meskipun untuk mengunduh diperlukan koneksi internet, tetapi buku bisa dibaca ulang saat offline. Ukuran file aplikasi yang sebesar 28,74 MB pun dirasa tak terlalu besar. Namun, hasil unduhan pastinya akan memakan kapasitas penyimpanan tambahan.

Secara keseluruhan, aplikasi BSD bisa mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah. Selain itu, buku yang tersedia pun terbilang lengkap sesuai kebutuhan pendidikan. Namun, semoga saja ke depannya judul buku bisa bertambah banyak. Aplikasi BSD bisa diunduh gratis melalui Google Play Store, Apple App Store, dan Windows Store.

Malas Antre Bayar Pajak Kendaraan? Gunakan Saja Aplikasi Sakpole

Hal paling menjemukan ketika harus membayar pajak kendaraan bermotor tak selalu persoalan dana, tapi malas melihat antrean panjang di kantor SAMSAT. Kadang pekerjaan dan aktivitas lain menjadi tertunda karena waktu habis untuk antre. Belum lagi jika sedang berada di luar kota, urusan membayar pajak bisa saja tertunda.

Sekarang urusan membayar pajak kendaraan bermotor bisa lebih praktis berkat aplikasi E-SAMSAT Sakpole (Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online). Aplikasi Sakpole bisa diunduh di Google Play Store dan digunakan bagi warga Jawa Tengah dan sekitarnya. Selain memangkas antrean panjang, aplikasi ini bisa bermanfaat bagi warga yang berada di luar kota.

Cara menggunakan Sakpole untuk membayar pajak tak terlalu rumit. Langkah pertama, setelah mengunduh Sakpole di smartphone Android, pengguna bisa langsung ke menu Pendaftaran online. Selanjutnya, isi data sesuai e-KTP (NIK), nomor polisi kendaraan sesuai STNK, dan 5 (lima) digit terakhir Nomor Rangka Kendaraan.

Sistem Sakpole akan melakukan verifikasi data kendaraan bermotor. Jika data sudah benar, klik Lanjut. Sebaliknya, apabila data tidak benar, klik Batal dan pengguna harus melakukan koreksi data dahulu ke SAMSAT tempat kendaraan terdaftar. Selanjutnya, akan muncul informasi rincian pokok dan denda ketetapan pajak serta informasi lainnya.

Lakukan semua petunjuk mulai dari awal hingga mendapat Kode Bayar dan catat kodenya. Kemudian klik Bayar jika ingin melanjutkan proses pembayaran. Kode Bayar tersebut bisa kita gunakan untuk melakukan pembayaran melalui e-banking, mobile banking, dan internet banking. Bukti bayar berlaku selama 14 hari dan wajib pajak bisa melakukan konfirmasi ke kantor Samsat atau Samsat Keliling tanpa antre.

Dari sisi tampilan antarmuka, aplikasi Sakpole mudah digunakan dan tampilannya menarik dengan dominasi warna kuning cerah. Ada beberapa menu lainnya di home screen yang bisa digunakan untuk mendapat Bukti Bayar Sementara, Info Kode Bayar, Info PKB, dan lokasi SAMSAT terdekat. Jika masih bingun menggunakan Sakpole, pengguna bisa membaca instruksi di menu Panduan.

Secara keseluruhan, Sakpole patut diapresiasi dan bisa bermanfaat untuk mempercepat proses pelayanan publik, khususnya pembayaran pajak kendaraan. Selain itu, wajib pajak bisa terhindar dari denda keterlambatan dan apabila dedang di luar kota pun bisa tetap membayar lewat aplikasi Sakpole. Semoga aplikasi seperti ini juga segera hadir di kota lainnya.

Titip Barang Idaman Lebih Aman dan Nyaman dengan Aplikasi Neetip

Tren jasa titip (jastip) atau personal shopper kini semakin menjamur. Keberadaan jastip memang banyak dicari konsumen yang ingin berbelanja, tapi tak punya waktu. Di sisi lain, orang yang tinggal jauh dari pusat kota atau menginginkan barang dari luar negeri pun bisa mendapatkannya.

Kegiatan titip-menitip barang kini semakin mudah dilakukan melalui aplikasi Neetip. Aplikasi ini berbasis lokasi dan membantu menghubungkan antara Tipper atau si penitip dengan Helper atau orang yang berperan membelikan titipan. Meskipun belum saling kenal dengan orang yang dititipi, tapi transaksi dijamin aman.

Bagaimana cara kerjanya? Kemudahan layanan Neetip bisa didapatkan dengan mengunduh aplikasi ini di Google Play Store atau Apple App Store. Selanjutnya, buat akun Neetip dengan login via Facebook. Menariknya, pemilik akun Neetip bisa berfungsi sebagai Tipper dan Helper sekaligus.

Sebagai contoh, kamu sebagai Tipper di Jakarta ingin titip beli Serabi Bandung maka masuk ke menu “I Need Help”. Secara otomatis, Neetip akan mengarahkan ke akun Helper yang berada satu wilayah dengan lokasi toko. Nah, Helper akan mendapat notifikasi dari Tipper untuk membelikan barang tersebut.

Helper memiliki kebebasan untuk menolak atau menerima tawaran. Antara-Tipper dan Helper bisa melakukan negosiasi harga jastip lewat fitur chat. Di sini Tipper bisa terhubung dengan 5 Helper sekaligus sehingga punya kebebasan memilih tawaran harga terbaik.

Neetip juga bisa dimanfaatkan kalau kamu ingin mencari uang tambahan saat travellingPilih menu ‘I Can Help’ untuk menjadi Helper, masukkan lokasi, dan cek daftar permintaan barang. Kemudian pilih barang yang akan dibeli, buat negosiasi dengan Tipper, dan fee akan didapatkan.

Keunggulan aplikasi Neetip terletak pada fitur chat yang sifatnya tertutup sehingga tak ada persaingan tarif antar-Helper. embayaran barang dilakukan via Neetip Credit yang bisa diisi ulang via bank transfer atau Paypal. Tak hanya itu, transaksi juga dijamin aman karena dana yang ditransfer akan masuk ke rekening bersama sebelum sampai ke Helper.

Dari sisi tampilan antarmuka, Neetip mudah digunakan dan tak menyulitkan pengguna. Secara keseluruhan, aplikasi Neetip bisa membantumu mendapatkan barang idaman baik di dalam negeri maupun luar negeri dengan cara yang mudah dan aman.

Uji Kecerdasan dan Asah Otak Lewat Game Kuis Indonesia

Seberapa banyak wawasan yang kamu miliki? Seberapa jauh kamu tahu tentang Indonesia? Untuk membuktikannya, coba selesaikan tantangan yang ada di game Kuis Indonesia. Game ini adalah game tentang pengetahuan umum yang cocok dimainkan oleh siapa saja.

Kuis Indonesia akan menguji kemampuan logika, pengetahuan, dan seputar Indonesia. Gameplay yang ditawarkan memang sangat sederhana, tetapi kamu akan menghadapi pertanyaan ala cerdas cermat. Ada lebih dari 50 kategori dengan ratusan pertanyaan yang variatif.

Terdapat pilihan kategori pertanyaan umum di Kuis Indonesia, seperti pariwisata, teknologi, budaya, tokoh pahlawan, teknologi, olahraga, kesehatan, dan pengetahuan umum. Ada pula kategori khusus untuk menguji kecerdasan IQ, logika, teka-teki, seputar kewirausahaan, hingga pertanyaan ujian SIM C.

Game Kuis Indonesia juga punya kategori yang cocok dimainkan oleh pelajar. Misalnya, kategori pelajaran Bahasa Inggris, Geografi, Matematika, Sosiologi, Fisika, Biologi, Kimia, dan sebagainya. Selain itu, terdapt pertanyaan trivia sederhana yang harus dijawab dengan Benar atau Salah, tapi dalam tempo waktu tertentu.

Satu hal yang menarik adalah kategori spesial, yaitu cerdas cermat, duel Kuis Indonesia (duel otak), dan ada papan peringkat untuk melihat peringkat yang anda raih dalam bermain game ini. Skor pemain untuk tiap kategori sendiri bisa dilihat di papan skor yang ada di samping kanan. Jadi, pemain bisa mengetahui tingkat kemampuan masing-masing.

Khusus untuk mode permainan dual, tampilan soal di layar akan terbagi menjadi dua sisi (atas-bawah), bukan menghubungkan koneksi antar-smartphone. Hal ini otomatis membuat font menjadi lebih kecil jika dimainkan di smartphone. Jadi, kalau ingin duel disarankan memasang game ini di tablet sehingga soal bisa terlihat jelas.

Dari sisi tampilan antarmuka terbilang cukup menarik dan terkesan Indonesia banget. Kuis ini pun asik dimainkan dan bisa menambah pengetahuan seputar kebudayaan daerah-daerah di Indonesia, seperti Jakarta, Palembang, Surabaya, Papua, Yogyakarta, Palembang, dan sebagainya. Namun, serti halnya game free-to-play lainnya terdapat iklan yang muncul, tetapi peletakannya tidak mengganggu.

Secara keseluruhan Kuis Indonesia bisa menjadi game yang asik dimainkan apalagi bagi kamu penyuka game asah otak. Soal yang banyak dan variatif tentu tak bikin bosan karena bisa menambah wawasan. Oiya, game ini juga bisa membantu dalam menghadapi persiapan Ujian Nasional atau Ujian Sekolah. Selamat bermain!

Aktivitas Padat dan Tak Sempat Mencuci? Gunakan Saja Aplikasi Happy Laundry

Mencuci kadang menjadi pekerjaan rumah yang merepotkan. Ingin dikerjakan, tapi sudah capek setelah beraktivitas seharian. Pas ada waktu malah jadi malas, tidak sempat, atau segudang alasan lainnya yang membuat mencuci tertunda dan akhirnya stok pakaian menipis.

Solusi urusan mencuci pakaian kini memang makin mudah sejak hadirnya jasa laundry kiloan. Namun, kalau tak sempat mengantar pakaian, coba manfaatkan aplikasi Happy Laundry yang bisa diunduh di Google Play Store. Happy Laundry merupakan jasa laundry online pertama yang melayani wilayah Lampung dan sekitarnya.

Cara menggunakan aplikasi Happy Laundry terbilang mudah. Setelah mengunduh aplikasinya, lakukan registrasi data diri kemudian login. Pertama-tama pilih jasa laundry sesuai kebutuhan, pilih jenis layanan, dan tekan next. Selanjutnya, masukkan tanggal, jam, dan alamat penjemputan dan pengiriman laundry untuk mempermudah proses pick up and delivery. Setelah order diproses maka PickUp Man akan menjemput.

Happy Laundry sendiri menawarkan empat layanan laundry yang bisa dipilih, yaitu Cuci Kilo, Cuci Satuan, Cuci Karpet, dan layanan jasa lainnya. Cuci kilo lebih hemat karena cucian langsung ditimbang sedangkan layanan cuci satuan pas untuk mencuci jaket, baju safari, gaun pesta, dan sebagainya. Selain pakaian, Happy Laundry menerima jasa cuci bed cover, sprei, gordyn, boneka, bahkan sepatu.

Menariknya, aplikasi ini punya 3 paket pilihan waktu order. Paket Regular dengan waktu penyelesaian cucian 3-4 hari, layanan Express yang selesai dalam 24 jam, atau Flash cuci kilat 5-6 jam selesai. Semuanya sudah termasuk cuci, setrika, dan lipat.

Soal tarif terbilang variatif dan terjangkau, dihitung dari layanan dan pilihan estimasi waktu yang diinginkan. Layanan Cuci Kilo dikenakan tarif mulai Rp6.000-Rp16.000 per kg. Untuk Cuci Satuan mulai Rp3.500-Rp27.500 per potong. Khusus jasa laundry karpet dan barang-barang lainnya diberlakukan tarif per meter mulai Rp17.000 per meter. Biaya akan langsung dihitung aplikasi dan dikenakan ongkos antar sesuai jarak.

Dari sisi tampilan antarmuka, aplikasi Happy Laundry mudah digunakan. Pengguna bisa menge-tap layar untuk berpindah menu dan menambah atau mengurangi jumlah order, serta swipe layar ke atas dan bawah. Meskipun saat ini metode pembayaran hanya berlaku sistem cash lewat kurir Happy Laundry. Secara keseluruhan, aplikasi ini bisa menjadi solusi mencuci praktis saat musim hujan, aktivitas padat, atau ditinggal ART mudik lebaran.

Temukan Ayat Alquran dan Artinya dengan Mudah Lewat Aplikasi Lafzi

Pernah mendengar ayat Alquran dari ceramah atau murattal dan penasaran kira-kira ayat apa, dari surat yang mana? Atau ketika belajar di sekolah kamu ditugaskan mencari ayat Alquran dan ingin menemukan dengan cepat? Kalau jawabannya ya maka kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi Lafzi.

Lafzi merupakan aplikasi yang dibuat khusus untuk memudahkan pencarian ayat Alquran. Menariknya, aplikasi Android yang satu ini memiliki ukuran file kecil, hanya 4,88 MB sehingga tak memakan banyak ruang penyimpanan. Selain itu, setelah diunduh Lafzi pun dapat digunakan secara offline tanpa membutuhkan koneksi internet.

Bagaimana cara menggunakannya? Lafzi terbilang praktis karena tampilannya sederhana. Untuk menemukan sebuah ayat Alquran, pengguna cukup memasukkan transliterasi atau tulisan latin dari potongan ayat dan Lafzi akan menampilkan hasilnya.

Mesin pencarian Lafzi terbilang akurat dan bisa otomatis menemukan ayat meskipun cara penulisannya tidak harus selalu benar. Saat kami mencoba mengetikkan kata ‘kun fayakun’ di kolom pencarian, ditemukan 9 hasil pencarian. Terdapat informasi, ayat tersebut muncul pada surat apa dan tersorot langsung.

Beberapa hasil pencarian tersebut bisa memudahkan pengguna untuk memilih ayat yang dimaksud. Oiya, hasil pencarian ayat yang ditampilkan di Lafzi sudah disertai artinya dan bisa di-copy. Sekadar masukan jika kamu ingin menggunakan Lafzi, sebaiknya gunakan spasi untuk pemisah kata agar pencarian lebih akurat.

Secara keseluruhan, aplikasi ini bisa mempermudah umat Islam untuk menemukan ayat Alquran. Namun, alangkah lebih baik jika Lafzi bisa dikembangkan dan ditambah fitur audio untuk pencarian ayat. Fitur tersebut tentu akan sangat bermanfaat bagi pengguna tunanetra agar pencarian bisa dilakukan via suara dan mendengarkan hasilnya.

Nah, jika kamu tertarik menggunakan Lafzi dapat mengunduhnya langsung di Google Play Store atau mengakses via desktop di http://lafzi.apps.cs.ipb.ac.id/web/. Selamat mencoba!

Aplikasi Cinlok Bantu Temukan Jodoh Sambil Kencan Romantis di Restoran Idaman

Di era digital seperti saat ini, apa sih hal yang tak bisa terpenuhi dalam satu sentuhan jari? Mulai dari urusan perbankan, belanja, transportasi, hingga jodoh pun bukan tak mungkin didapat lewat aplikasi dating. Kalau kamu ingin mencari jodoh secara online atau memperluas pergaulan, aplikasi Cinlok bisa jadi pilihan yang tepat.

Berbeda dengan aplikasi dating lainnya, Cinlok ini terbilang unik. Penggunanya bisa ketemu dan ngobrol bareng sambil kulineran. Menariknya, ladies bisa mewujudkan impian makan malam romantis ala candle light dinner di restoran idaman. Nah, bagaimana cara cepat dapat pasangan di Cinlok?

Cinlok memberi kebebasan kepada ladies untuk mulai membuka dating room dengan memilih restoran sesuai diinginkan, menentukan tanggal, dan waktu dating. Selanjutnya, tunggu ajakan dating yang masuk dan pilih pria yang cocok. Jangan lupa ajukan pertanyaan yang ingin diketahui dari calon pasangan dating.

Begitu juga dengan pria, bisa memilih wanita yang ingin diajak dating dan tentunya sesuai dengan budget. Caranya tap foto profil lalu slide ke samping dan akan terlihat beberapa foto dari laman Facebook-nya. Kemudian jawab pertanyaan dan lanjutkan dengan tap opsi dating.

Pasangan yang match bisa langsung ngobrol lewat fitur chat. Fitur ini hanya bisa digunakan oleh yang match saja. Jadi, pengguna bisa serius berkomunikasi dan terhindar dari gangguan chat spam. Misalnya, chat tawaran dagangan dari orang-orang yang tidak dikenal.

Untuk daftar restorannya sendiri, sistem Cinlok secara otomatis menampilkan restoran yang berjarak 10 km dari lokasi pengguna. Namun, terdapat fitur pencarian restoran dengan kata kunci dan pengaturan jarak hingga 100 km. Pengguna juga bisa menentukan apakah ingin mencari restoran berdasarkan harga, jarak, atau rating. Untuk booking restorannya pun bisa dilakukan langsung via Cinlok.

Menariknya, aplikasi ini terhubung langsung dengan Zomato sehingga pengguna bisa melihat daftar menu, harga, dan review sebelum memutuskan. Oiya saat memilih restoran, ladies bisa menentukan apakah kamu yang mau traktir, pria yang traktir, atau bisa sharing 50:50 biar lebih hemat.

Cinlok tak hanya aplikasi dating saja, tapi banyak artikel dan tips yang bisa dibaca untuk menambah wawasan. Mulai dari kuliner, kecantikan, hingga tips bagaimana memaksimalkan aplikasi Cinlok dan ketemu pasangan dating yang pas. Menggunakan Cinlok juga mudah karena tampilan aplikasinya cukup sederhana.

Secara keseluruhan, aplikasi ini bisa dimanfaatkan buat kamu yang ingin mencari jodoh. Gunakan dengan bijak, seleksi profilnya, dan jangan terburu-buru memberikan informasi priobadi. Namun, kalau belum jodoh tak perlu kecewa, hitung-hitung bisa makan gratisan kan?

Dapatkan Asisten Pribadi yang Membantu Diet dan Hidup Sehat dari Aplikasi Monjar

Diet tak selalu bertujuan menurunkan berat badan. Lebih dari itu, banyak orang melakukan diet agar menjaga berat badan ideal, menurunkan kolesterol, dan mencegah diabetes serta hipertensi. Bagi yang senang fitness biasanya rela diet untuk meningkatkan massa otot.

Selama diet, kebutuhan gizi seseorang bisa berbeda-beda. Nah, kalau ingin tahu cara diet yang tepat, tapi tetap bisa makan enak coba unduh aplikasi Monjar. Seperti asisten pribadi, Monjar memberi layanan kesehatan terpadu yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing penggunanya.

Monjar bisa langsung diunduh di Google Play Store atau Apple App Store. Sebelum menggunakannya, kamu harus mengisi data-data kesehatan dan memilih tujuan dietmu. Dengan begitu, aplikasi Monjar secara otomatis akan merekomendasikan makanan yang sesuai untuk membantu menjalankan gaya hidup sehat.

Namun, kadang hidup sehat sulit diterapkan saat kita berada di luar rumah. Agar tak merasa terbebani, Monjar akan menampilkan daftar restoran terdekat dari tempat kamu berada, menu yang sesuai, dan takaran porsinya. Semua rekomendasi menu sudah disesuaikan dengan angka kebutuhan kalori per hari.

Terdapat fitur untuk mencatat tiap menu yang dikonsumsi. Selanjutnya, Monjar akan menghitung apakah sudah sesuai dengan kebutuhan kalori kita. Setelah hasilnya diketahui, Monjar langsung memberikan rekomendasi olahraga yang tepat untuk membakar kalori.

Fitur menarik lainnya, yakni chatting langsung dengan ahli gizi yang disebut Monjar Coach. Setiap pertanyaan seputar kesehatan atau kendala diet bisa diajukan langsung dan dijawab lewat aplikasi. Para ahli pun dapat melihat rekaman riwayat kesehatan, seperti berat badan, kadar gula, kolesterol, dan sebagainya.

Tak hanya sebagai direktori makanan dan jurnal kesehatan pribadi, Monjar menyediakan resep-resep pilihan yang bisa dicoba. Setiap resep diberikan informasi gizi, yaitu total kalori, energi, lemak, kolesterol, dan sebagainya. Pengguna bisa mencari resep favorit dengan fitur search, menambahkan daftar belanja, dan mengatur tampilan resep dengan filter.

Secara keseluruhan, Monjar menjadi aplikasi yang recommended buat kamu yang ingin diet sekaligus punya gaya hidup sehat. Apalagi dari sisi tampilan antarmuka, Monjar cukup mudah digunakan dan tak ada kendala berarti. Namun, karena data di Monjar dimasukkan secara manual maka perlu motivasi dan komitmen supaya tetap disiplin. Selamat berdiet!

Dapur Kece, Aplikasi ‘Media Sosial’ Buat Kamu yang Hobi Masak

Menyiapkan menu masakan sehari-hari memang diperlukan kreativitas agar tidak bosan. Banyak cara mengatur menu dan membuat jadwal memasak. Nah, kalau masih bingung juga mengolah bahan masakan di rumah, coba cari inspirasi menu kece lewat aplikasi Dapur Kece.

Aplikasi Dapur Kece berbeda dengan aplikasi resep masakan yang sudah ada sebelumnya. Kalau aplikasi lainnya hanya menghadirkan resep saja, di aplikasi Dapur Kece penggunanya bisa posting resep original ala kita sendiri untuk dilihat pengguna lainnya.

Sekilas menggunakan Dapur Kece terasa seperti menggunakan media sosial. Tak hanya melihat resep, kita juga bisa memberikan komentar, share, atau menyimpan resep favorit untuk dilihat kembali. Keleluasaan posting resep bisa membuka peluang menemukan resep ataupun bertemu sesama pengguna yang hobi masak.

Resep masakan dibagi menjadi beberapa kategori, yakni resep berbahan dasar daging, sayuran, mi, seafood, dan dessert. Ada pula kategori resep populer dan spesial Ramadhan yang bisa dicoba untuk santap sahur dan berbuka. Nah, setelah memilih kategori, kamu akan menemukan berbagai resep yang bisa dipilih.

Satu hal menarik adalah adanya banyak resep-resep baru yang unik hasil modifikasi. Di Dapur Kece, pengguna tak hanya bisa menemukan masakan rumahan saja, tetapi ada camilan dan masakan khas daerah Indonesia. Setiap resep dilengkapi bahan, cara memasak, dan foto sehingga bisa jadi panduan sekali pun belum mahir memasak.

Dari sisi tampilan antarmuka terbilang cukup menarik didominasi warna kuning dan akses ke menu-menunya juga mudah. Ada fitur pencarian apabila ingin langsung menemukan menu yang diinginkan. Namun, hal yang agak mengganggu adalah ditemukannya perbedaan ukuran tulisan pada resep yang membuat kurang nyaman dibaca.

Secara keseluruhan, aplikasi Dapur Kece bisa membuaat kamu lebih kreatif dalam menyiapkan menu masakan. Oiya, resepnya juga bisa diunduh secara offline, tapi fitur ini hanya bisa diakses untuk akun premium. Nah, buat kamu yang hobi memasak atau baru belajar masak, bisa langsung mengunduh aplikasi Dapur Kece di Google Play Store atau Apple App Store.