Berita > Artikel

5 Aplikasi Mengelola Keuangan yang Bisa Membantu Bisnis Rumahan

Oleh Desy Yuliastuti | July 13, 2017

aplikasi mengelola keuangan header

Memiliki usaha sendiri tentu menjadi idaman semua orang. Di tengah biaya hidup yang semakin meningkat, membuka usaha kecil atau bisnis rumahan bisa menjadi salah satu peluang yang menjanjikan. Jika dikelola dengan benar, bukan tak mungkin usaha akan berkembang menjadi besar.

Memulai usaha bukan hanya urusan modal saja yang harus dimiliki, tetapi konsep usahanya juga harus jelas. Misalnya, sebagai awalan bisa membuka rumah makan sederhana atau jasa laundry rumahan. Sejak merintis, biasakan membuat sistem keuangan yang teratur.

Pencatatan keuangan yang baik tentunya bisa dipakai mengukur kinerja dan target. Nah, agar pengelolaan buku kas dan urusan cashflow bisa lebih praktis, coba gunakan beberapa aplikasi smartphone berikut ini.

 

Software Laundry


Software Laundry pas digunakan untuk kamu yang memulai usaha laundry. Setiap transaksi yang dilakukan bisa dicatat, dilihat dalam bentuk frafik, dan laporannya bisa dieksport ke file CSV (MS Excel). Selain itu, terdapat fitur grafik yang bisa membantu mengetahui perkembangan usaha setiap bulannya.

 

Kedai Ku


Kedai Ku bisa membantu pebisnis franchise atau restoran sederhana.Terdapat fitur untuk mengelola data bahan dan produk, pengelolaan kas, dan pencatatan transaksi. Lewat Kedai Ku, laporan laba rugi pun bisa terlihat jelas sehingga memudahkan jika sewaktu-waktu ingin melakukan evaluasi usaha.

 

Pawoon: Kasir/POS Online


Pawoon bisa membantu pemilik UMKM untuk mengontrol dan mengembangkan bisnis. Dalam satu aplikasi, pengusaha bisa memantau penjualan seluruh cabang, manajemen stok barang, dan membuat daily report. Selain itu, aplikasi ini bisa dikoneksikan ke printer melalui Bluetooth/LAN untuk memudahkan mencetak laporan.

 

Kasir Toko Portable

Kasir Toko Portable bisa mengubah smartphone menjadi alat kasir yang mudah, praktis, dan lengkap. Aplikasi ini bisa digunakan oleh segala jenis usaha termasuk online shop. Tak hanya itu, pengguna juga bisa membuat invoice, mengetahui arus keuangan, data penjualan, pengeluaran, dan retur penjualan/pembelian. Praktis kan?

 

Catatan Keuangan


Aplikasi ini bisa digunakan untuk membantu memantau kondisi keuangan termasuk mencatat pemasukan dan pengeluaran. Masukkan semua data keuangan bisnismu di aplikasi Catatan Keuangan dan hasilnya akan terlihat lewat grafik. Ada pula fitur lain, seperti rencana belanja, backup and restore yang terhubung ke Google Drive, widget monitoring saldo, dan fitur lainnya yang bermanfaat.

 

Terfavorit

Right Up

Name Devoloper

Ulasan Expert

Juragan Terminal

Name Devoloper

Ulasan Expert

Teman Kanker

Name Devoloper

Ulasan Expert