× Kopi dan paste kodingan di bawah ini untuk mengembed informasi aplikasinya:

Berita > Artikel

5 Aplikasi Keren Buat Kamu yang Hobi Menulis

Oleh Desy Yuliastuti | July 21, 2017

aplikasi hobi menulis header

Kamu punya hobi menulis cerpen, novel, atau skenario? Atau kamu seorang blogger dan jurnalis? Kalau jawabannya ya maka kegiatan tulis-menulis tentu sudah jadi ‘makanan’ sehari hari-hari. Berkat kemajuan teknologi kini aktivitas menulis menjadi lebih mudah dan cepat karena sumber inspirasi dengan mudah didapatkan,

Menulis memang mengasikkan dan menjadi hobi yang bisa mendatangkan uang. Namun, dalam prosesnya menulis tak selalu mulus karena kadang terkendala waktu, koneksi internet, atau pikiran yang buntu (writers block) . Nah untuk mendukung aktivitas menulis, kali ini Siapp akan memberikan referensi aplikasi agar kamu bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas.

 

Perencana Cerita Karakter

Perencana Cerita Karakter merupakan aplikasi character planner di mana kamu bisa merencanakan tokoh secara detail. Pengguna bisa memulai dengan memasukkan nama karakter dan identitasnya, kemudian menyusun konsep cerita, adegan, hingga setting lokasi menggunakan tools yang ada. Aplikasi ini cocok untuk kamu yang senang menulis novel, game yang melibatkan cerita, atau membuat figur tertentu.

 

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V

Sebagai penulis yang baik, tentunya tak boleh mengabaikan kaidah Bahasa Indonesia yang benar. Dengan aplikasi KBBI V kamu akan lebih memahami penggunaan kata yang tepat, memeriksa ejaan dan kata baku, mencari padanan kata, dan sebagainya. Ada pula kategori yang memuat kosa kata khusus dari bidang tertentu untuk membantu memahami sebuah kata dalam teks jurnal, buku perkuliahan, dan sebagainya.

 

Story Plot Generator

Ingin menulis cerita, tapi bingung mulai dari mana? Story Plot Generator bisa memudahkanmu membuat premis awal, memilih genre cerita, menyusun situasi dan lokasi, serta detail penunjang lainnya. Nah, kalau kamu ingin menjadi penulis novel atau berkuliah di jurusan sastra, aplikasi ini bisa membuat proses menulis menjadi lebih mudah.

 

Final Draft Writer

Final Draft Writer bisa diunduh di Apple App Store untuk mempermudah saat menulis skenario. Tulisan secara otomatis terprogram sesuai dengan format penulisan skenario standar internasional. Setiap draft dapat ditulis lengkap dengan scene heading, body, dialog, dan treatment serta terintegrasi dengan Dropbox.

 

Google Docs

Google Docs mendukung aktivitas menulis di mana saja dan kapan saja. Kamu bisa menulis di smartphone kemudian membukanya via desktop, laptop, atau tablet. Keperluan bisnis pun bisa jadi lebih mudah karena satu dokumen bisa dilihat, dibagikan, dan diedit oleh dua orang atau lebih.

Terfavorit

Ulasan Expert

Babel gun

Name Devoloper

Ulasan Expert

Teman Bumil

Name Devoloper

Ulasan Expert

Ponta Indonesia

Name Devoloper

Ulasan Expert