× Kopi dan paste kodingan di bawah ini untuk mengembed informasi aplikasinya:

Berita > Artikel

5 Aplikasi Terbaik untuk Guru yang Kreatif dan Inovatif

Oleh Desy Yuliastuti | July 19, 2017

Aplikasi Guru Mengajar Header

Berkembanganya teknologi tak hanya memudahkan kehidupan sehari-hari, tapi berperan penting memajukan pendidikan. Banyak inovasi baru yang bermanfaat untuk dunia pendidikan. Salah satu dampak positif yang terasa, yakni banyak aplikasi smartphone untuk dunia pendidikan.

Tercatat banyak aplikasi pendidikan yang bisa ditemukan di Google Play Store dan Apple App Store. Beragam aplikasi tersebut bisa dimanfaatkan secara optimal. Nah, berikut ini kami berikan referensi aplikasi smartphone untuk para guru yang bisa memudahkan proses belajar mengajar.

Ruangguru


Ruangguru membantu menghubungkan murid dengan guru untuk belajar secara online kapan pun di mana pun. Guru yang tergabung di Ruangguru bisa membantu saat siswa kesulitan mengerjakan PR dan tugas sekolah. Selain itu, guru dapat memberikan les privat online lewat chat dan audio call.

Schoolmedia


Schoolmedia memudahkan siswa, guru, dan pihak sekolah untuk mengakses informasi akademik, seperti nilai, data orang tua,dan sebagainya. Misalnya, guru bisa memasukkan data tugas atau UTS/UAS, perpustakaan, absensi kehadiran, penilaian sikap, dan sebagainya. Schoolmedia tentu meringankan kerja guru dan siswa pun dapat mengetahui catatan prestasi secara transparan.

 

Teacher Gradebook


Teacher Gradebook merupakan aplikasi khusus untuk mengelola nilai siswa. Dalam satu aplikasi, guru bisa melakukan pencatatan nilai tiap tugas, membuat daftar nilai, grades report, menghitung kehadiran siswa, dan sebagainya. Menariknya, file dalam aplikasi bisa disimpan dalam format PDF atau CSV.

 

ClassDojo


ClassDojo berfungsi untuk memantau perilaku siswa di kelas. Guru bisa melibatkan orang tua untuk masuk di akun ClassDojo untuk melihat perilaku positif dan perilaku yang perlu diperbaiki ke depannya. Secara otomatis, orang tua pun akan mendapat laporan harian dalam bentuk grafik.

 

Edmodo


Edmodo berfungsi sebagai jejaring sosial yang menghubungkan guru dan murid. Lewat Edmodo, guru bisa membuat ruang diskusi di luar jam sekolah, berkolaborasi, menyerahkan tugas, atau memotivasi siswa secara personal.Orang tua murid pun bisa bergabung di circle Edmodo untuk mengetahui aktivitas siswa.

Terfavorit

Ulasan Expert

Babel gun

Name Devoloper

Ulasan Expert

Teman Bumil

Name Devoloper

Ulasan Expert

Ponta Indonesia

Name Devoloper

Ulasan Expert