Berita > Artikel

Gerakan 1000 Startup Digital Akan Ciptakan 1000 Startup di Indonesia Dalam 5 Tahun

Oleh TeknoJurnal | September 1, 2016

Hari ini secara resmi Kibar bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia meluncurkan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital di Indonesia. Latar belakang diselenggarakannya gerakan ini karena Potensi industri digital di Indonesia yang saat ini ada sekitar 93,4 juta pengguna internet dan 71 juta pengguna perangkat telepon pintar di Indonesia.

Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital merupakan langkah awal bagi kita untuk menciptakan masa depan ekonomi digital Indonesia yang akan mengubah nasib bangsa. Gerakan ini ingin menciptakan 1.000 perusahaan rintisan berbasis digital yang akan mentransformasi Indonesia menjadi negara maju dengan anak muda sebagai motor penggeraknya.

Untuk melahirkan 1.000 startup digital, strategi yang dijalankan adalah dengan mentoring dan pembinaan intensif melalui tahapan-­tahapan sistematis di 10 kota pertama yang memiliki infrastruktur serta pondasi digital yang kuat.

news5

Langkah pertama dimulai dari “Ignition“, yaitu seminar untuk menanamkan pola pikir entrepreneurship yang menargetkan 4.000 peserta setiap tahunnya. Kemudian, dari peserta “Ignition“ tersebut akan dijaring 2.000 peserta yang layak untuk melanjutkan ke tahap “Workshop“ untuk diberikan pembekalan keahlian yang mereka butuhkan dalam membuat sebuah startup digital.

Berbekal ilmu dari “Workshop“ tersebut, 1.000 peserta akan melanjutkan ke tahap “Hackathon“ untuk menghasilkan prototype produk dari ide solusi aplikasi. Setelah itu, 500 peserta akan memasuki tahap “Bootcamp“ yang merupakan sesi mentoring mendalam untuk menyiapkan strategi peluncuran produk. Terakhir, 200 peserta terpilih akan diinkubasi selama kurang lebih 3 bulan di setiap kota per tahun sehingga dalam 5 tahun akan tercipta 1.000 startup digital.

news6

Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital ini akan dilaksanakan di 10 kota pertama: Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Malang, Medan, Bali, Makassar, dan Pontianak. Di masing­masing kota ini akan didirikan pusat inovasi sebagai titik kumpul komunitas teknologi, kreatif, dan budaya. Pusat inovasi ini juga menyediakan co­working space di mana semua pelaku dan kreator lokal dapat berkolaborasi menciptakan solusi bagi kebutuhan masyarakat setempat hingga berkembang menjadi solusi nasional.

Bagi kamu yang ingin berpartisipasi menjadi bagian dari Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital maka dapat mengunjungi situs resmi 1000 Startup Digital untuk bergabung dan mendapatkan informsi lebih lanjut tentang gerakan ini.

[sumber berita: TeknoJurnal]

 

Terfavorit

Right Up

Name Devoloper

Ulasan Expert

Juragan Terminal

Name Devoloper

Ulasan Expert

Teman Kanker

Name Devoloper

Ulasan Expert