× Kopi dan paste kodingan di bawah ini untuk mengembed informasi aplikasinya:

Berita > Artikel

Hobi Mendaki Gunung? Pastikan 5 Aplikasi Ini Ada di Smartphone Kamu

Oleh Desy Yuliastuti | July 19, 2017

aplikasi mendaki gunung

Mendaki gunung memang memberikan kepuasan tersendiri bagi para penikmatnya. Tentu perasaan mencapai puncak setelah melewati medan berat yang menguji mental dan cuaca tak menentu tak bisa digantikan dengan apa pun. Namun, olah raga yang tergolong ekstrem ini sebaiknya tidak dilakukan tanpa persiapan matang.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mendaki, seperti kelengkapan alat, itinerary, cek jalur, logistik, dan terpenting kesiapan fisik dan mental. Beruntung kini peralatan dan teknologi semakin canggih sehingga bisa menunjang petualangan. Nah supaya pendakian semakin nyaman, berikut 5 aplikasi smartphone yang bermanfaat untuk pendaki gunung.

 

Panduan Mendaki Gunung

Panduan Pendakian Gunung bisa membantu para para pendaki, khusunya para pemula. Fiturnya terbilang lengkap, seperti data jalur pendakian, persiapan barang, pendataan anggota, dan kompas. Selain itu, aplikasi ini bisa menjadi referensi ketika merencanakan trekking, informasi seputar perizinan, dan manajemen perjalanan.

 

PMI-First Aid

PMI-First Aid berisi materi-materi terkait pertolongan pertama yang bisa dipelajari. Lewat aplikasi ini, pendaki bisa memberikan pertolongan pertama kepada diri sendiri dan orang lain saat darurat. Misalnya, pada saat serangan asma, perdarahan, patah tulang, luka bakar, bahkan hipotermia.

 

Muncak

Muncak membantu merencanakan pendakian dengan mudah sekaligus menemukan teman perjalanan. Lewat Muncak kamu bisa cari barengan, membuat hiking plan, itinerary, estimasi biaya, sekaligus mendiskusikannya di forum melalui fitur chat. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara cuma-cuma di Google Play Store.

 

AllTrails

AllTrails menyediakan database online yang terbilang lengkap. Terdapat lebih dari 50 ribu rute pendakian gunung di seluruh dunia. Aplikasi ini bisa bermanfaat sebagai referensi dan mendapat rute terbaik untuk hiking, trail running, bersepeda gunung, dan sebagainya.

 

Accuweather

Memeriksa cuaca menjadi hal wajib yang harus dilakukan sebelum mendaki gunung. Meskipun pada kenyataannya cuaca sulit diprediksi, setidaknya kamu bisa mendapat gambaran agar persiapan lebih matang. Jangan ragu untuk melihat prakiraan cuaca di website BMKG atau kamu bisa memasang aplikasi Accuweather di smartphone.

Terfavorit

Ulasan Expert

Babel gun

Name Devoloper

Ulasan Expert

Teman Bumil

Name Devoloper

Ulasan Expert

Ponta Indonesia

Name Devoloper

Ulasan Expert