× Kopi dan paste kodingan di bawah ini untuk mengembed informasi aplikasinya:

Berita > Artikel

5 Aplikasi Menarik Untuk Kamu yang Ingin Membantu Kaum Difabel

Oleh Desy Yuliastuti | June 14, 2017

aplikasi bantu difabel header

[Sumber gambar: pxhere]

Menjalani kehidupan sehari-hari kini semakin mudah berkat adanya teknologi. Berbagai inovasi teknologi pun kini semakin ramah pada kaum difabel dan memudahkan dalam beraktivitas. Misalnya, adanya layanan Google Voice Access yang memungkinkan pengguna Android mengontrol smartphone via suara.

Setelah telepon pintar semakin mudah diakses, aplikasi khusus kaum difabel juga mulai dikembangkan. Beberapa aplikasi berikut ini bisa kita gunakan untuk membantu saudara-saudara kita yang mengalami keterbatasan fisik (tunarungu atau tunanetra) dalam berkomunikasi atau belajar menggunakan smartphone.

 

Kerjabilitas

kerjabilitas

Kerjabilitas merupakan aplikasi khusus bagi kaum difabel di Indonesia dalam mencari pekerjaan. Berbagai lowongan dari perusahaan terkemuka tersedia, mulai dari desain grafis, akuntan, administrasi, programmer, hingga bidang perdagangan. Dalam satu aplikasi, pengguna bisa mendapat notifikasi lowongan kerja, mengirim lamaran, dan akan dihubungi apabila ada pekerjaan yang cocok dengan kualifikasi.

 

Ayobaca.in

ayobaca

Sesuai namanya, Ayobaca.in bisa membantu penyandang tunanetra untuk mengetahui isi buku bacaan. Kamu bisa berperan sebagai volunteer yang membacakan buku lewat platform Ayobaca.in dan memberikan akses bagi tunanetra untuk mendengarkan buku dalam versi audiobook. Lewat fitu komunitas, kamu juga bisa bergabung dalam kegiatan sosial Bersama member Ayobaca.in.

 

Belajar Bahasa Isyarat

belajar bahasa isyarat

Aplikasi sederhana ini dibuat bagi kamu yang ingin belajar berkomunikasi dengan penyandang tunarungu. Dalam aplikasi Belajar Bahasa Isyarat, kamu bisa belajar isyarat abjad dan isyarat bilangan dengan cepat dan mudah. Dengan menguasainya, setiap saat kita bisa membantu penyandang tunarungu dalam situasi darurat atau kesulitan beraktivitas.

 

AudioBuku

audiobuku

AudioBuku berisi beragam judul buku dalam format audiobook, ada rekaman siaran radio, dan podcast. Aplikasi ini bisa memudahkan tunanetra yang ingin mengetahui isi buku hanya dengan mendengarkannya via smartphone berbasis Android atau iOS. Namun, tak semua buku bisa diakses gratis karena ada juga buku yang berbayar.

 

Glimmer

glimmer

Dibuat mirip dengan Tinder, aplikasi Glimmer bisa membantu para difabel untuk terhubung dengan calon pasangan. Caranya hampir sama, yakni dengan melakukan swipe foto ke kiri dan kanan untuk menemukan pasangan yang match. Bedanya pada Glimmer ditampilkan informasi disabilitas yang dialami penggunanya sehingga saling terbuka dengan kondisi yang dialami.

Terfavorit

Right Up

Name Devoloper

Ulasan Expert

Juragan Terminal

Name Devoloper

Ulasan Expert

Teman Kanker

Name Devoloper

Ulasan Expert